TINGKAT KEPUASAN PASIEN PESERTA JKN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN BERMUTU OLEH DOKTER DI POLIKLINIK ORTHOPEDI RSUP DR M DJAMIL PADANG

ISMED, GABILA HEIRA MUTHIA (2019) TINGKAT KEPUASAN PASIEN PESERTA JKN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN BERMUTU OLEH DOKTER DI POLIKLINIK ORTHOPEDI RSUP DR M DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Rumah Sakit Umum Pusat DR M Djamil Padang sebagai rumahsakit tipe A merupakan salah satu rumah sakit rujukan terakhir bagi pasien peserta JKN di Sumatra barat bahkan pulau Sumatera. Banyaknya jumlah pasien yang berobat serta tingginya angka kesakitan pasien pada poliklinik Orthopedi, belum diiringi dengan fasilitas yang memadai. Hal ini akan mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan. Dokter sebagai ujung tombak dari pelayanan kesehatan memiliki peran besar terhadap kepuasan pasien yang berobat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan Dokter di Poliklinik Orthopedi RSUP DR M Djamil padang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif dengan desain cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dan didapatkan sampel sebanyak dua ratus sepuluh responden. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner Tingkat Kepuasan yang telah di validasi. Hasil Penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis univariat. Berdasarkan hasil pengolahan data, sebanyak 80,5 % pasien merasa tidak puas dengan pelayanan kesehatan bermutu oleh dokter di RSUP DR M Djamil Padang. Berdasarkan lima dimensi mutu, tingkat kepuasan pasien adalah -0,402 yang berarti pasien merasa tidak puas terhadap pelayanan dokter. Sedangkan penilaian kualitas mutu pelayanan kesehatan dokter di poliklinik Orthopedi RSUP DR M Djamil pasien memberikan nilai sebesar 79,27 dengan interpretasi B atau baik. Dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dokter di RSUP DR M Djamil cenderung baik namun pasien masih memberikan harapan yang tinggi terhadap kualitas pelayanan yang akan didapatkannya. Kata kunci: kepuasan pasien, kualitas mutu pelayanan kesehatan dokter

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. RIMA SEMIARTY, MARS
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 10 Apr 2019 16:54
Last Modified: 10 Apr 2019 16:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/43826

Actions (login required)

View Item View Item