PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAMPENGELOLAAN TEMPAT PENGOLAH SAMPAH REDUCE-REUSE-RECYCLEDIKOTA PADANG (Studi Pada TPS 3R Melati Rawang, Kecamatan Padang Selatan)

Ollina, Mardatila (2019) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAMPENGELOLAAN TEMPAT PENGOLAH SAMPAH REDUCE-REUSE-RECYCLEDIKOTA PADANG (Studi Pada TPS 3R Melati Rawang, Kecamatan Padang Selatan). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lingkungan yang baik dan sehat merupakan salah satu aspek penting dalam menunjang kehidupan masyarakat yang lebih baik. Salah satu cara untuk mencapai lingkungan hidup yang baikadalah menjaga lingkugan bebas dari sampah. Dengan terwujudnya lingkungan yang bebas dari sampah maka akan berkurang permukiman kumuh perkotaan. Kota Padang sebagai ibukota provinsi Sumatera Barat memiliki jumlah sampah yang semakin meningkat setiap harinya sehingga akan mengancam umur dari Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah. Untuk mengatasi hal tersebut maka kota Padang menyediakan Tempat Pengolah Sampah Reduce-Reuce-Recycle (TPS 3R) di beberapa wilayah di kota Padang, salah satunya adalah Tempat Pengolah Sampah (TPS) 3R Melati Rawang, Padang Selatan. Pengelolaan Tempat Pengolah Sampah (TPS) 3R merupakan tanggung jawab dari Pemerintah Daerah sebagaimana diatur dalam Pasal 20 ayat (2) Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 3 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Persampahan dalam Penanganan Sampah Rumah Tangga danSampah Sejenis Sampah Rumah Tangga dan Pasal 26 ayat (1) Peraturan Daerah kota Padang nomor 21 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah. Tempat Pengolah Sampah (TPS) 3R merupakan paradigma baru dalam pengelolaan sampah, dimana sampah langsung diolah di sumbernya. Penelitian ini menggunakan metode yuridis sosiologis. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder.Data diperoleh dengan cara studi dokumen dan wawancara dengan pegawai/pimpinan Dinas Lingkungan Hidup kota Padang, Ketua Tempat Pengolah Sampah (TPS) 3R Melati Rawang, Padang Selatanyang mengetahui dan memahami permasalahan yang akan dikaji oleh penulis.Dari hasil penelitian diketahui bahwapelaksanaan TPS 3R Melati Rawang belum berjalan secara optimal yang disebabkan karena tidak adanyaBiaya Operasional dan Pemeliharaan (BOP) serta tidak ada pembinaan dan pengawasan dari Pemerintah Daerah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Azmi Fendri, S.H., M.Kn
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 10 Apr 2019 12:24
Last Modified: 10 Apr 2019 12:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/43822

Actions (login required)

View Item View Item