ANALISIS KELONGSORAN TANAH PASIR PADA LERENG KOTO ALAM (STA.14+500) STUDI KASUS : JALAN PAYAKUMBUH-PANGKALAN

HUSNUL, UQBA (2016) ANALISIS KELONGSORAN TANAH PASIR PADA LERENG KOTO ALAM (STA.14+500) STUDI KASUS : JALAN PAYAKUMBUH-PANGKALAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB 5 penutup.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
TUGAS AKHIR HUSNUL UQBA (1010922024).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak Longsoran merupakan bencana alam yang sering terjadi pada daerah berbukit – bukit atau pegunungan, seperti di wilayah Sumatera Barat. Material yang mengalami longsor dapat berupa tanah, batuan atau tanah dan batuan. Penyebab longsor antara lain adalah curah hujan yang tinggi, kondisi tanah dan batuan yang rentan, kegempaan yang kuat, dan kemiringan lereng yang besar. Di samping itu akibat peran manusia yang berkaitan dengan penggunaan lahan yang tidak tepat, penggundulan hutan, serta pemotongan lereng untuk pembuatan jalan dan pemukiman. Longsor yang terjadi pada lereng jalan Payakumbuh – Pangkalan ini selain disebabkan kondisi tanah dan batuan yang rentan, juga akibat pemotongan lereng untuk pembuatan jalan dan pemukiman. Penelitian dilakukan untuk mengetahui kestabilan lereng dengan menghitung angka keamanan / safety factor (SF) berdasarkan nilai indeks properties tanah dan parameter kekuatan tanah. Metoda yang digunakan adalah analisa stabilitas lereng dengan metoda lereng tinggi terbatas dan menggunakan software STABL versi 5. Berdasarkan hasil analisis, disimpulkan bahwa lereng tidak aman atau tidak stabil karena memiliki faktor keamanan yang kecil. Untuk meningkatkan stabilitas lereng maka lereng tersebut harus diperkecil sudut kemiringannya agar lereng tersebut aman dari kelongsoran dan sebaiknya diberi perkuatan. Perkuatan yang dilakukan adalah dengan dinding penahan tanah kantilever. Kata Kunci: Longsoran, Stabilitas, Lereng, Payakumbuh Pangkalan, Faktor Keamanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 06 Apr 2016 04:47
Last Modified: 06 Apr 2016 04:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/4376

Actions (login required)

View Item View Item