PERSON DEIXIS FOUND IN SELECTED HOLLYWOOD HORROR MOVIES TAGLINES

RAHMAT, RAHMAT (2014) PERSON DEIXIS FOUND IN SELECTED HOLLYWOOD HORROR MOVIES TAGLINES. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tesis Full Text)
1328.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

pada skripsi ini dibahas penggunaan deiksis persona (person deixis) beserta fungsinya dalam beberapa tagline film horor di Hollywood. Penggunaan kata deictic secara khusus mempunyai peranan tersendiri dalam memahami jarak dan tujuan komunikasi yang tepat antara si penutur dengan petutur. Penelitian ini difokuskan kepada penggolongan deiksis persona dalam pemakaiannya beserta fungsi yang dibentuknya dalam berbagai jenis kalimat tagline. Tahap-tahap penelitian terdiri atas pengumpulan data, analisis dan penyampaian hasil analisis data. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dengan menggunakan teknik catat. Penggunaan deiksis persona dalam teks tagline film horor Hollywood tersebut dianalisa dengan menggunakan metode padan pragmatik. Selain itu dalam menganalisis data, penulis menggunakan teori deiksis persona gubahan Levinson (1983). Hasil analisis data disampaikan secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan semua jenis deiksis persona baik dalam bentuk tunggal atau pun jamak, yaitu deiksis persona pertama, deiksis persona kedua dan deiksis persona ketiga, Berdasarkan fungsinya ditemukan 5 fungsi yaitu deklarasi, representatif, ekspresi, direktif, komisif. Kata deitic ‘you’ merupakan yang paling sering muncul sebanyak 33% dari keseluruhan data. Kemudian berturut-turut ‘they’ sebanyak 20%, ‘he’ sebanyak 20%. Penggunaan kata deiktik ‘you’ bertujuan untuk memangkas jarak komunikasi antara linemaker dengan penonton sehingga secara emosional, penonton merasa dekat dengan film yang akan ditontonnya. Sedangkan fungsi yang sering muncul adalah fungsi representatif sebanyak 66,66%. Fungsi representative bertujuan untuk mengindikasikan kejadian-kejadian horror yang akan dialami sehingga tema yang akan diangkat oleh film bisa ditangkap oleh penonton. Dominannya kombinasi penggunaan kata deictic ‘you’ dan fungsi representative sebagai pengungkap kebenaran yang terjadi di dalam film menunjukkan pola dasar yang berulang dalam pembuatan tagline film horror Hollywod dewasa ini. Kata kunci: deiksis persona, tagline, film horor di Hollywood, pragmatik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 06 Apr 2016 03:28
Last Modified: 31 Jul 2016 08:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/4369

Actions (login required)

View Item View Item