ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERKUNJUNG ULANG PASIEN KE POLIKLINIK SPESIALIS DI RSI IBNU SINA PADANG (BPJS KESEHATAN)

Laiza, Faaghna (2019) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERKUNJUNG ULANG PASIEN KE POLIKLINIK SPESIALIS DI RSI IBNU SINA PADANG (BPJS KESEHATAN). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2. BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Kesimpulan dan Saran))
3. BAB Akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
5. Tesis Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

RSI Ibnu Sina Padang merupakan salah satu rumah sakit swasta dikota Padang yang melayani pasien BPJS Kesehatan. Pertumbuhan kunjungan di poliklinik spesialis sejak bekerjasama dengan BPJS Kesehatan tahun 2014-2017 meningkat 16,4%, angka rujukan tahun 2017 meningkat 3-4%, rata – rata kunjungan pasien poliklinik spesialis per hari 380 pasien/hari. Munculnya rumah sakit swasta baru serta kerjasama BPJS Kesehatan dengan seluruh rumah sakit yang ada di kota Padang, menyebabkan persaingan semakin meningkat. Hal ini mendorong perlunya dilakukan analisis terhadap faktor –faktor yang mempengaruhi minat pasien untuk berkunjung ke poliklinik spesialis RSI Ibnu Sina Padang, melihat pengaruh sikap pasien, citra merek, persepsi nilai dan persepsi kualitas terhadap minat pasien untuk berkunjung kembali ke poliklinik spesialis RSI Ibnu Sina Padang, serta bagaimana implikasi dari penelitian ini terhadap manajemen. Penelitian menggunakan pendekatan analitik kuantitatif, dengan subjek penelitian adalah pasien poliklinik spesialis. Metode pengambilan sampel dilakukan secara random block sampling, besar sampel 384 responden. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan kuesioner.. Analisis data menggunakan teknik analisis Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan program AMOS Versi 2.0. Penelitian dilakukan bulan juli sampai agustus 2018 di Poliklinik Spesialis RSI Ibnu Sina Padang. Hasil penelitian sikap konsumen, citra merek, persepsi nilai dan persepsi kualitas memiliki hubungan yang signifikan dengan minat berkunjung pasien di poliklinik spesialis RSI Ibnu Sina Padang (CR > 1,96, p value < 0,05). Variabel citra merek juga berpengaruh terhadap persepsi nilai pasien untuk memilih poliklinik spesialis RSI Ibnu Sina Padang. Faktor yang paling dominan terhadap minat berkunjung pasien adalah persepsi nilai (CR = 2,990, p value = 0,010). Implikasi manajemen terhadap segmentasi pasien adalah pasien perempuan, dan pria usia > 50 tahun, berasal dari kecamatan Nanggalo, dan rujukan Puskesmas. Target pasien poliklinik adalah mengutamakan pasien usia tua. Positioning poliklinik spesialis RSI Ibnu Sina Padang adalah memiliki program unggulan dan peranan dari yayasan untuk meningkatkan citra merek Yarsi. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh citra merek terhadap persepsi nilai pasien untuk memilih poliklinik spesialis, dan terdapat pengaruh variabel sikap pasien, citra merek, persepsi nilai dan persepsi kualitas terhadap minat pasien untuk berkunjung ulang ke poliklinik spesialis RSI Ibnu Sina Padang. Diharapkan kepada RSI Ibnu Sina Padang agar dapat mengembangkan strategi pemasaran dalam upaya peningkatan kunjungan poliklinik spesialis. Kata Kunci : sikap pasien, citra merek, persepsi nilai, persepsi kualitas, minat berkunjung ulang.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: DR. Ratni Prima Lita, SE, MM
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 01 Apr 2019 12:00
Last Modified: 01 Apr 2019 12:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/43689

Actions (login required)

View Item View Item