ANALISIS PENDAPATAN USAHA PERBIBITAN SAPI POTONG ( Studi Kasus : Kelompok Tani Pemuda Setia di Nagari Simalanggang Kabupaten Lima Puluh Kota)

Chandra, Buana Dinata (2019) ANALISIS PENDAPATAN USAHA PERBIBITAN SAPI POTONG ( Studi Kasus : Kelompok Tani Pemuda Setia di Nagari Simalanggang Kabupaten Lima Puluh Kota). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
COVER SKRIPSI CHANDRA apload.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I apload.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
BAB V upload.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (dapus)
DAFTAR PUSTAKA upload.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
SKRIPSI FULL apload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknis usaha dan menganalisis produktivitas serta pendapatan usaha perbibitan sapi potong kelompok Tani Pemuda Setia di Nagari Simalanggang Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini dilakukan hanya pada usaha perbibitan ternak sapi potong dan dilaksanakan pada bulan September - November 2018. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus (case study). Variabel yang diamati terdiri dari bibit, pakan, tatalaksana pemeliharaan, kesehatan dan penyakit, angka kelahiran, angka kematian, jarak beranak, jumlah IB perkebuntingan dan total penerimaan serta total biaya produksi. Analisis data dengan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelompok tani pemuda setia memperoleh bantuan dana dari pemerintah sebesar Rp. 300.000.000 pada tahun 2012. Dana di alokasikan untuk Pembelian awal ternak sebanyak 26 ekor peranakan Simmental, pengadaan obat-obatan, adminitrasi dan pelaporan serta pengadaan peralatan. Pakan yang diberikan hanya berupa hijauan tanpa konsentrat dan diberikan 2-3 kali sehari. Tatalaksana pemeliharan intensif. Pencegahan penyakit dilakukan melalui sanitasi kandang dan lingkungan. Kotoran sapi dilakukan pengolahan menjadi pupuk. Persentase angka kelahiran sebesar 80,77% dan persentase angka kematian sebesar 0% Sedangkan jumlah S/C nilainya 2,43. Total penerimaan kelompok tani Pemuda Setia dalam satu tahun sebesar Rp. 210.827.619,- sedangkan total biaya produksi sebesar Rp. 86.143.400,- /tahun. Jadi total pendapatan kelompok tani Pemuda Setia sebesar Rp. 124.684.219,- pada tahun 2017, dan pendapatan kelompok perbulannya sebesar Rp. 10.390.351,-. Dengan rata-rata pendapatan anggota perbulannya dengan jumlah kepemilikan ternak 1 ekor sebesar Rp. 399,628,-/bulan. dan R/C yang diperoleh adalah 2,45. Kata kunci : Perbibitan, Teknis usaha, Produktivitas, Pendapatan,

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Arfa’i, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 29 Mar 2019 15:58
Last Modified: 29 Mar 2019 15:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/43641

Actions (login required)

View Item View Item