UJI PERBEDAAN JUMLAH KOLONI MIKROORGANISME TERHADAP RESIKO KONTAMINASI KASA YANG DIKEMAS DENGAN PLASTIK DAN KERTAS PERKAMEN DI RS UNAND PADANG

Ikhvan, Juzef (2019) UJI PERBEDAAN JUMLAH KOLONI MIKROORGANISME TERHADAP RESIKO KONTAMINASI KASA YANG DIKEMAS DENGAN PLASTIK DAN KERTAS PERKAMEN DI RS UNAND PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Updated Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img] Text (Skripsi fulltext)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kasa steril merupakan salah satu produk tekstil medis yang digunakan untuk berbagai macam kebutuhan di fasilitas kesehatan. Plastik dan kertas perkamen digunakan sebagai pembungkus kasa dengan keunggulannya masing-masing. Penggunaan kasa steril yang dibungkus dengan plastik banyak digunakan oleh beberapa rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan proteksi kasa steril yang dibungkus dengan plastik dan kertas perkamen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorium, sampel penelitian adalah 20 kasa yang dikemas dengan kertas perkamen dan 20 kasa yang dikemas dengan plastik yang di simpan di RS UNAND Padang. Jumlah koloni mikroorganisme diuji menggunakan kultus pada minggu ke-0,1,2, dan 4. Perbedaan antarkelompok menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian kasa steril dibungkus plastik (P1) pada minggu ke-4 terdapat pertumbuhan 1 koloni mikroorganisme. Kasa steril yang dibungkus kertas perkamen tidak terdapat pertumbuhan koloni mikroorganisme. Kasa steril yang dibungkus dengan plastik dan kertas perkamen dapat disimpulkan tidak tampak pertumbuhan koloni mikroorganisme sampai minggu ke-4. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap jumlah mikroorganisme yang tumbuh antara kasa steril yang dibungkus plastik dan kertas perkamen sampai minggu ke-4 (p=0,317). Kesimpulan penelitian ini adalah tidak adanya perbedaan signifikan terhadap jumlah koloni mikroorganisme pada kasa steril yang dibungkus plastik dan kertas perkamen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.dr. Andani Eka Putra,Msc
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QR Microbiology
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 12 Mar 2019 14:50
Last Modified: 12 Mar 2019 14:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/43500

Actions (login required)

View Item View Item