Formulasi Dan Karakterisasi Granul NPK Lepas Lambat Dengan Teknik Double Coating Menggunakan Polimer Penyalut Bioblend Polistiren – Polikaprolakton Dan Uji Efektifitasnya SecaraIn-Planta

RAHMAYULIS, RAHMAYULIS (2019) Formulasi Dan Karakterisasi Granul NPK Lepas Lambat Dengan Teknik Double Coating Menggunakan Polimer Penyalut Bioblend Polistiren – Polikaprolakton Dan Uji Efektifitasnya SecaraIn-Planta. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bav)
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Telah dilakukan penyalutan untuk mendapatkan granul NPK lepas lambat dengan metode dua lapis menggunakan bahan penyalut dan pelarut yang murah dan ramah lingkungan yaitu polistiren dan polimer biodegradabel polikaprolakton dengan pelarut etil asetat yang di produksi pada skala pilot. Polistiren tidak bersifat biodegradable, sehingga untuk mendapatkan karakteristik biodegradable, pada polistiren ditambahkan biopolimer polikaprolakton yang diharapkan dapat membentuk pori-pori. Bioblend polistiren - polikaprolakton memiliki kompatibilitas yang baik dengan butiran NPK, yang dapat mengurangi tingkat pelepasan nutrisi dari pupuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pelepasan granul pupuk NPK dua lapis (Double Coating) yang diperoleh lebih lambat dibandingkan dengan granul NPK yang tidak dilapisi. Pelepasan zat aktif dalam media air suling setelah 48 jam pengujian adalah 21,050 % untuk NPK dua lapis (Double Coating) dan 84,563 % untuk NPK yang tidak dilapisi. Formula pelapisan NPK lepas lambat Double Coating dengan bioblend polistiren - polikaprolakton memenuhi kriteria sebagai produk pupuk lepas lambat. Kata kunci : Granul NPK, polistiren, polikaprolakton, bioblend, Double Coating.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Elfi Sahlan Ben, Apt
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 farmasi farmasi
Date Deposited: 08 Feb 2019 14:56
Last Modified: 08 Feb 2019 14:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/43411

Actions (login required)

View Item View Item