HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL TENTANG TANDA BAHAYA KEHAMILAN DENGAN KEPATUHAN ANTENATAL CARE (ANC) PADA TRIMESTER III DI PUSKESMAS AIR TAWAR KOTA PADANG

Dila, Noviana (2019) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL TENTANG TANDA BAHAYA KEHAMILAN DENGAN KEPATUHAN ANTENATAL CARE (ANC) PADA TRIMESTER III DI PUSKESMAS AIR TAWAR KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
Bab 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
SKRIPSI full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang dan Tujuan Penelitian Angka Kematian Ibu di Indonesia masih dalam kategori tinggi karena belum mencapai target tahun 2015. Tingginya angka kematian ibu dan bayi dapat dipengaruhi oleh pengetahuan, sikap dan kepatuhan kunjungan Antenatal Care pada ibu hamil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang tanda bahaya kehamilan dengan kepatuhan Antenatal Care (ANC) pada Trimester III di Puskesmas Air Tawar Kota Padang tahun 2018. Metode Penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional, dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Air Tawar dari bulan Maret 2018 - Januari 2019. Responden penelitian adalah ibu hamil Trimester III sebanyak 38 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data secara univariat dan bivariatdengan menggunakan analisis chi-square. Hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa 21,1% responden tidak patuh melakukan kunjungan ANC dengan pengetahuan kurang (77,8%) dan dengan pengetahuan baik (3,4%), serta memiliki sikap negatif (41,7%) dan memiliki sikap positif (11,5%). Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan antara pengetahuan (p=0,000) dantidak terdapat hubungan antara sikap (p=0,81) dengan kepatuhan kunjungan Antenatal Care. Kesimpulan Terdapat hubungan antara pengetahuan tanda bahaya kehamilan dengan kepatuhan kunjungan Antenatal Care pada ibu hamil Trimester IIIdan tidak terdapat hubungan antara sikap tanda bahaya kehamilan dengan kepatuhan kunjungan Antenatal Care pada ibu hamil Trimester III. Daftar Pustaka : 45 (2005-2018) Kata Kunci : Pengetahuan, sikap dantanda bahaya kehamilan.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: dr. Hj. Ermawati, Sp.OG (K)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 06 Feb 2019 11:24
Last Modified: 06 Feb 2019 11:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/43369

Actions (login required)

View Item View Item