IDENTIFIKASI BAKTERI YANG MENGKONTAMINASI MANSET DAN INFLATION BULB SFIGMOMANOMETER PADA FASILITAS RAWAT INAP PUSKESMAS KOTA PADANG

Vicky Berlian Ocktaveantari, Vicky (2019) IDENTIFIKASI BAKTERI YANG MENGKONTAMINASI MANSET DAN INFLATION BULB SFIGMOMANOMETER PADA FASILITAS RAWAT INAP PUSKESMAS KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Infeksi merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi. Salah satu tempat pelayanan kesehatan yang memiliki potensi untuk penyebaran infeksi adalah puskesmas. Hal tersebut disebabkan, karena alat-alat yang digunakan untuk memeriksakan pasien biasanya digunakan secara bergantian, sehingga kebersihan alat kurang diperhatikan. Sfigmomanometer merupakan alat yang sering digunakan, sehingga memungkinkan terjadinya transmisi patogen, baik itu berasal dari manset maupun inflation bulb sfigmomanometer. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis bakteri pada manset dan inflation bulb sfigmomanometer yang digunakan difasilitas rawat inap puskesmas Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yang dilaksanakan pada bulan November-Desember 2018. Sampel diambil dengan usapan pada permukaan manset dan inflation bulb sfigmomanometer. Selanjutnya dilakukan penanaman bakteri pada media agar darah di Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Hasil koloni yang didapat akan dilakukan pewarnaan gram. Pada bakteri gram positif dilakukan pemeriksaan koagulase dan katalase,bakteri gram negatif dilakukan pemeriksaaan agar Triple Sugar Iron Test, agar Semi Solid, agar Simmon Sitrat dan uji Oksidase. Hasil penelitian, kontaminasi bakteri didapatkan pada seluruh sampel manset dan inflation bulbsfigmomanometeryang digunakan. Pada manset sfigmomanometer, bakteri Bacillus sp merupakan bakteri dominan yang mengkontaminasi yaitu sebanyak lima dari sembilan (55,5%) manset, sedangkan empat dari sembilan (44,5%) manset sfigmomanometer dikontaminasi oleh bakteri Pseudomonas sp. Hasil identifikasi bakteri pada inflation bulbsfigmomanometer, menunjukkan bakteri Bacillus sp merupakan bakteri yang paling banyak mengkontaminasi yaitu lima dari delapan (62,5%) inflation bulb, sedangkan bakteri Pseudomonas sp mengkontaminasi tiga dari delapan (37,5%) inflation bulb. Pada penelitian ini dapat disimpulkan, jenis bakteri yang mengkontaminasi manset sfigmomanometer adalah Bacillus sp dan Pseudomonas sp, serta bakteri yang mengkontaminasi inflation bulb sfigmomanometer adalah Bacillus sp dan Pseudomonas sp. Perlu dilakukan evaluasi tentang pembersihan alat-alat kesehatan yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan pasien, khususnya sfigmomanometer dan diperlukan peningkatan hieginitas dari petugas kesehatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Netti Suharti, M. Kes
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 04 Feb 2019 14:17
Last Modified: 04 Feb 2019 14:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/43354

Actions (login required)

View Item View Item