ANALISA USAHATANI LEBAH MADU (STUDI KASUS: KELOMPOK TANI GENERASI MUDA PATALANGAN KENAGARIAN LIMAU PURUT KECAMATAN V KOTO TIMUR KABUPATEN PADANG PARIAMAN)

M., Habibullah (2019) ANALISA USAHATANI LEBAH MADU (STUDI KASUS: KELOMPOK TANI GENERASI MUDA PATALANGAN KENAGARIAN LIMAU PURUT KECAMATAN V KOTO TIMUR KABUPATEN PADANG PARIAMAN). Doctoral thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil usahatani lebah madu, menganalisis pendapatan dan keuntungan di Kelompok Tani Generasi Muda Patalangan. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Januari 2018. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Data yang dikumpulkan merupakan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara secara langsung dengan menggunakan kuisioner dan mencari referensi ilmiah. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil dari penelitian menemukan bahwa usahatani lebah madu ini awalnya dirintis oleh Ketua Kelompok yang kemudian terbentuk sebuah Kelompok Tani Generasi Muda Patalangan. Bibit yang digunakan merupakan bibit lebah madu lokal Apis Cerana. Total produksi madu selama satu bulan yaitu 47,3 Kg dengan harga jual madu per Kg adalah Rp 300.000. Secara keseluruhan usaha ini memperoleh penerimaan rata-rata sebesar Rp 1.419.000, rata-rata biaya dibayarkan sebesar Rp 466.737,5, diperoleh rata-rata pendapatan sebesar Rp 952.262,5, dengan rata-rata biaya diperhitungkan sebesar Rp 376.000. Sehingga usaha ini memperoleh keuntungan rata-rata sebesar Rp 576.262,5 dan analisis R/C usaha ini sebesar 1,48 yang berarti usaha ini menguntungkan dan layak dijalankan. Saran yang diberikan pada penelitian ini yaitu, sebaiknya dilakukan pelatihan budidaya lebah madu dan menambah jumlah stup. Kata kunci : usahatani lebah madu, pendapatan, keuntungan

Item Type: Thesis (Doctoral)
Primary Supervisor: Dr. Ir. H. Nofialdi, MSi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 02 Feb 2019 11:39
Last Modified: 02 Feb 2019 11:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/43343

Actions (login required)

View Item View Item