Pengaruh Pemberian Terapi Suportif Terhadap Ansietas Pada Tahanan di Rutan Polres Pesisir Selatan dan Rutan Polresta Padang

Anggie, Febs Caryuza (2019) Pengaruh Pemberian Terapi Suportif Terhadap Ansietas Pada Tahanan di Rutan Polres Pesisir Selatan dan Rutan Polresta Padang. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak-converted.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-converted.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL)
Tesis Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan psikologis tahanan seperti kekhawatiran, ketegangan, keputusasaan, kehampaan dan keterpurukan adalah awal dari ansietas yang dirasakan. Terapi suportif merupakan salah satu terapi yang dapat digunakan dalam menurunkan ansietas para tahanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian terapi suportif terhadap ansietas para tahanan di Rutan. Jenis penelitian yang digunakan adalah“Quasy Experiment Pre-Post Test With Control Group” dengan intervensi yang digunakan adalah Terapi Suportif. Pengambilan sampel dilakukan dengan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel berjumlah 74 orang dengan 37 orang kelompok intervensi dan 37 orang kelompok kontrol. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner STAIC-T (State Anxiety for Childre-Trait) dengan analisis data menggunakan paired sample T-test dan Independent Sample T-test. Hasil penelitian ini didapatkan ada pengaruh pemberian terapi suportif terhadap ansietas para tahanan (p = 0,000). Diharapkan dengan penelitian ini dapat menjadi acuan untuk mengembangkan asuhan keperawatan terhadap ansietas yang dialami oleh tahanan. Terapi suportif dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif penurunan ansietas pada tahanan. Kata Kunci: Ansietas, Terapi Suportif, Tahanan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr. Adnil Edwin Nurdin, Sp. KJ
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 29 Jan 2019 15:31
Last Modified: 29 Jan 2019 15:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/43295

Actions (login required)

View Item View Item