Potensi Cadangan Karbon Pada Permukaan Tanah Di Areal Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM) Di Nagari Kotobaru, Kabupaten Solok Selatan

Nindya, Permata Petsa (2019) Potensi Cadangan Karbon Pada Permukaan Tanah Di Areal Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM) Di Nagari Kotobaru, Kabupaten Solok Selatan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
cover dan abstrak (1).pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir)
bab akhir.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (dapus)
DAFTAR PUSTAKA(2).pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text (skripsi full text)
skripsi nindy.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hutan merupakan bagian dari sumber daya alam yang mempunyai peranan sangat penting dalam kelangsungan hidup dan kehidupan makhluk di bumi. Salah satu peranan hutan sebagai penyerap karbon dan menjaga kestabilan iklim global karena kemampuannya menyerap CO2 melalui proses fotosintesis. Penelitian “Potensi Cadangan Karbon Pada Permukaan Tanah Di Areal Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM) Di Nagari Kotobaru, Kabupaten Solok Selatan”. Tujuanpeneletian ini untuk mengetahui potensi cadangan karbon tersimpan pada permukaan tanah di areal Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM) di Nagari Kotobaru, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2017 - bulan Mei 2018. Pengukuran biomassa pohon, tiang dan pancang diukur dengan motede Non Destructive Sampling. Dilakukan pengukuran diameter untuk tingkat strata pohon, tiang dan pancang. Berdasarkan penelitian ini ditemukan 13 jenis tumbuhan dengan 52 individu dalam 13 famili. Total cadangan karbon diatas permukaan tanah (pohon, tiang, pancang) didapatkan sebesar 49,69 ton/Ha dengan nilai biomassa sebesar 105,73 ton/Ha. Nilai cadangan karbon tertinggi terdapat pada jenis Swintonia penangiana sebesar 20,45 ton/ha dengan nilai biomassa sebesar 43,52 ton/ha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: DR. CHAIRUL
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 29 Jan 2019 15:56
Last Modified: 29 Jan 2019 16:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/43255

Actions (login required)

View Item View Item