ANALISA POLA TINGKAH LAKU PERUBAHAN TEGANGAN PADA SINGLE MACHINE INFINITE BUS (SMIB) DENGAN METODA PENEMPATAN KUTUB MENGGUNAKAN ALGORITMA BASS-GURA

Anggre, Saptaria Saputra (2019) ANALISA POLA TINGKAH LAKU PERUBAHAN TEGANGAN PADA SINGLE MACHINE INFINITE BUS (SMIB) DENGAN METODA PENEMPATAN KUTUB MENGGUNAKAN ALGORITMA BASS-GURA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text
COVER DAN ABSTRACK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. BAB I.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf

Download (61kB) | Preview
[img] Text
FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisa performansi dari sistem single machine infinite bus (SMIB). Sistem SMIB merupakan subsistem tenaga listrik yang terdiri dari satu atau lebih generator yang terhubung ke bus yang tak terhingga. Sistem SMIB ini merupakan subsistem yang sangat berpengaruh terhadap performansi sistem tenaga listrik. Analisa yang dilakukan meliputi analisa performansi dalam domain waktu dan analisa performansi dalam domain frekuensi. Performansi adalah salah satu faktor penting yang harus diperhatikan dalam operasi sistem single machine infinite bus (SMIB). Performansi sistem tenaga listrik akan terganggu jika ada gangguan. Ada 2 jenis gangguan yang sering terjadi dalam operasi sistem tenaga listrik diantaranya gangguan berat dan gangguan kecil. Jika gangguan ini terus terjadi secara terus menerus setiap waktu akan berakibat terjadinya perubahan parameter – parameter pada sistem SMIB terutama perubahan tegangan. Perubahan parameter – parameter ini bisa mengakibatkan SMIB akan terganggu dan berakibat sistem tidak mampu lagi bekerja secara normal setelah mengalami gangguan. Dengan metoda Penempatan Kutub menggunakan algoritma Bass-Gura, data – data sistem single machine infinite bus (SMIB) akan dilakukan analisa performansi. Hasil analisa menunjukan bahwa performansi sistem SMIB dengan metoda Penempatan Kutub menggunakan algoritma Bass-Gura menunjukkan hasil yang lebih baik. Kata Kunci: Metoda Penempatan Kutub, Algoritma Bass-Gura, dan Single Machine Infinite Bus (SMIB)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Heru Dibyo Laksono, MT
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 29 Jan 2019 09:34
Last Modified: 29 Jan 2019 09:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/43234

Actions (login required)

View Item View Item