PENGARUH LAMA PENYIMPANAN STUM MATA TIDUR DENGAN MEDIA ARANG BATOK KELAPA TERHADAP PERTUMBUHAN OKULASI TANAMAN KARET (Hevea brasilensis Muell.)

Tio, Fachrozi Putra (2019) PENGARUH LAMA PENYIMPANAN STUM MATA TIDUR DENGAN MEDIA ARANG BATOK KELAPA TERHADAP PERTUMBUHAN OKULASI TANAMAN KARET (Hevea brasilensis Muell.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tentang pengaruh lama penyimpanan stum mata tidur dengan media arang batok kelapa terhadap pertumbuhan okulasi tanaman karet (Hevea brasilensis Muell.) dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Kegiatan Penelitian dilakukan dari bulan Januari sampai April 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan lama penyimpanan yang terbaik dengan media arang batok kelapa terhadap pertumbuhan okulasi tanaman karet (Hevea brasilensis Muell.) di pembibitan. Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 taraf perlakuan dan diulang 5 kali sehingga didapat 20 satuan percobaan. Setiap satuan percobaan terdapat 5 stum mata tidur tanaman karet dan 3 diantaranya dijadikan sampel sehingga didapatkan 60 tanaman sampel. Perlakuan lama penyimpanan dengan media arang batok kelapa 0 hari (tanpa penyimpanan), 5 hari, 10 hari, dan 15 hari penyimpanan. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah umur muncul tunas (minggu), panjang tunas (cm), diameter tunas (cm), jumlah daun (helaian), lebar kanopi daun (cm), jumlah payung, dan persentase stum yang hidup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyimpanan stum mata tidur tanaman karet sampai dengan 15 hari dengan media arang batok kelapa menghasilkan pertumbuhan yang sama dengan stum mata tidur yang tanpa disimpan, hal ini menunjukan penyimpanan dengan media arang batok kelapa dapat mempertahankan kesegaran bibit sampai 15 hari. Kata kunci : Lama penyimpanan, media, arang batok kelapa, stum mata tidur tanaman karet

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 28 Jan 2019 12:37
Last Modified: 28 Jan 2019 12:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/43124

Actions (login required)

View Item View Item