PENGARUH SIFAT FISIKA TANAH TERHADAP TINGKAT BAHAYA LONGSOR DI KENAGARIAN SUNGAI LANDIA KECAMATAN IV KOTO KABUPATEN AGAM

RAHMAT, TALIL ALAMIN (2019) PENGARUH SIFAT FISIKA TANAH TERHADAP TINGKAT BAHAYA LONGSOR DI KENAGARIAN SUNGAI LANDIA KECAMATAN IV KOTO KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PENGARUH SIFAT FISIKA TANAH TERHADAP TINGKAT BAHAYA LONGSOR DI KENAGARIAN SUNGAI LANDIA KECAMATAN IV KOTO KABUPATEN AGAM Abstrak Tanah longsor merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi di Kenagarian Sungai Landia Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam. Salah satu faktor penting penyebab terjadinya longsor adalah sifat fisika tanah yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa sifat fisika tanah terhadap tingkat bahaya longsor di Kenagarian Sungai Landia Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam. Penelitian di lapangan menggunakan metode survei dan pengambilan sampel tanah dilakukan secara purposive pada beberapa penggunaan lahan (ladang, sawah, semak, hutan, dan kebun campuran) yang sering mengalami longsor. Sifat fisika tanah yang dianalisis adalah tekstur, struktur, berat volume, permeabilitas, dan C-Organik tanah. Hasil penelitian menunjukkan tingkat bahaya longsor dipengaruhi oleh sifat fisika tanah terutama tekstur, struktur, permeabilitas tanah, serta curah hujan dan kemiringan lahan. Secara umum daerah penelitian memiliki tingkat bahaya longsor sedang, kecuali pada penggunaan lahan sawah memiliki kriteria agak tinggi. Untuk memperkecil potensi longsor pada daerah penelitian maka perlu dilakukan upaya konservasi tanah seperti penerapan metode vegetatif menggunakan rumput vetiver terutama pada lahan yang memiliki kelerengan yang curam (>40 %). Kata Kunci : Fisika tanah, Bahaya Longsor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Adrinal, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 28 Jan 2019 10:36
Last Modified: 28 Jan 2019 10:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/43017

Actions (login required)

View Item View Item