PROMOSI PARIWISATA KABUPATEN MERANGIN

ABD.SADIKUN, ABD.SADIKUN (2014) PROMOSI PARIWISATA KABUPATEN MERANGIN. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (tesis full text)
201502041138th_tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian berlatar belakang rendahnya peningkatan kunjungan wisata di Kabupaten Merangin dari tahun ke tahun walaupun upaya promosi sudah dilaksanakan. Hambatan komunikasi dalam promosi pariwisata dianggap sebagai salah satu akar masalah dalam peningkatan jumlah kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara. Peneliti bertujuan untuk menganalisa hambatan promosi pariwisata yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Merangin dari sudat pandang komunikasinya. Peneliti menganalisa bauran promosi yang digunakan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Merangin dalam mempromosikan Pariwisata Merangin menggunakan Model Komunikasi Pemasaran. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diolah menggunakan analisi data mulai dari mengumpulkan data di lapangan, mengklasifikasikan data, pemaknaan terhadap data, mencari hubungan antar kategori, menyajikan data dalam bentuk naratif dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan hambatan komunikasi promosi pariwisata pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Merangin disebabkan oleh Pemerintah Kabupaten Merangin tidak improfisasi untuk program nilai jual pariwisata dengan tidak menempatkan personil yang mempunyai kompetensi di bidang pengembangan Pariwisata Merangin, sehingga menyebabkan penyelenggaraan promosi tidak mencapai sasaran, karena komunikator tidak dapat merumuskan pesan/bahasa promosi yang bisa diterjemahkan oleh khalayak sebagai komunikan, komunikator tidak mempertimbangkan efektivitas dari cara promosi yang dipilih, komunikator tidak menggunakan media massa, media sosial dan website sebagai media promosi, komunikator tidak melakukan evaluasi terhadap umpan balik dari cara promosi yang telah diselenggarakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Mr Zainal Abidin
Date Deposited: 04 Apr 2016 02:47
Last Modified: 04 Apr 2016 02:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/4298

Actions (login required)

View Item View Item