Analisis Pengaruh Praktek Manajemen Rantai Pasok dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Perusahaan pada Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kerupuk di Kota Payakumbuh

SABRINA, AULIA NISA (2019) Analisis Pengaruh Praktek Manajemen Rantai Pasok dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Perusahaan pada Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kerupuk di Kota Payakumbuh. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis pengaruh manajemen rantai pasok dan keunggulan bersaing terhadap kinerja perusahaan pada industri kecil dan menengah (IKM) kerupuk di Kota Payakumbuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh praktek manajemen rantai pasok terhadap kinerja perusahaan 2) pengaruh praktek manajemen rantai pasok terhadap keunggulan bersaing, dan 3) pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja perusahaan. Ukuran sampel adalah 90 responden, teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Data primer diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Pengolahan data penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis structural equation model (SEM) dengan alat bantu software SmartPLS 2.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktek manajemen rantai pasok tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan tetapi berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing serta adanya pengaruh signifikan antara keunggulan bersaing terhadap kinerja perusahaan Implikasi penelitian ini bagi pelaku usaha industri kerupuk adalah : para pelaku usaha harus meningkatkan pengelolaan rantai pasok dan keunggulan bersaing agar kinerja perusahaan bagus dan meningkat. Hal ini dilakukan dengan cara :menjaga hubungan dengan pemasok, mitra dagang dan pelanggan serta dengan melakukan inovasi produk baik itu dalam bentuk inovasi kemasan, produk baru dan lainnya, membuat diferensiasi produk agar lebih menarik bagi target pasar. Kata kunci: Praktek Manajemen Rantai Pasok, Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Susiana, SE., M.Si.Ak
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S1 Manajemen Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 25 Jan 2019 10:20
Last Modified: 25 Jan 2019 10:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42809

Actions (login required)

View Item View Item