PENGUJIAN EFEKTIVITAS JAMUR Beauveria bassiana (Bals.) Vuill DENGAN BERBAGAI KOMPOSISI FORMULA UNTUK PENGENDALIAN Crocidolomia pavonana Fabr (Lepidoptera : Crambidae)

Novita, Sari Siregar (2019) PENGUJIAN EFEKTIVITAS JAMUR Beauveria bassiana (Bals.) Vuill DENGAN BERBAGAI KOMPOSISI FORMULA UNTUK PENGENDALIAN Crocidolomia pavonana Fabr (Lepidoptera : Crambidae). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full)
Tugas Akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Beauveria bassiana (Bals.) Vuill merupakan jamur entomopatogen yang memiliki jenis inang terbanyak diantara jamur entomopatogen yang lain. Untuk mempertahankan efektivitas dan persistensi B. bassiana perlu adanya pengembangan komposisi formula yang tepat. Penambahan berbagai bahan tambahan seperti tepung dapat menambah nutrisi bagi jamur untuk bertahan sehingga dapat meningkatkan kualitas spora atau konidia lebih lama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan formula Beauveria bassiana yang terbaik dalam mengendalikan Crocidolomia pavonana. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan, dengan bahan dasar B. bassiana dan tepung sagu, dan dengan penambahan tepung susu, tepung kedelai, tepung kacang hijau dan tepung jerami padi. Dan menggunakan 4 ulangan. Aplikasi B. bassiana dilakukan dengan menyemprotkan formula B. bassiana langsung ke tubuh larva C. pavonana. Parameter yang diamati yaitu kerapatan konidia masing-masing formula, daya kecambah konidia masing-masing formula, persentase mortalitas larva, persentase pupa yang terbentuk dan persentase imago yang terbentuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa B. bassiana yang diformulasikan dengan bentuk tepung dengan komposisi 50g tepung B. bassiana: 40g tepung sagu: 10g tepung jerami padi merupakan formula yang efektif dalam mematikan larva C. pavonana dengan rata-rata mortalitas 75%. Formula ini juga efektif dalam menurunkan presentase pupa dan imago terbentuk. Kata kunci : Beauveria bassiana, Crocidolomia pavonana, Formula

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Trizelia, MSi 2
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 25 Jan 2019 10:13
Last Modified: 25 Jan 2019 10:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42803

Actions (login required)

View Item View Item