Peranan Kepolisian Dalam Penegakan Hukum di Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Terhadap Kendaraan Bermotor di Kota Bukittinggi (Studi Kasus di Polresta Bukittinggi)

Nanda, Aulia (2019) Peranan Kepolisian Dalam Penegakan Hukum di Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Terhadap Kendaraan Bermotor di Kota Bukittinggi (Studi Kasus di Polresta Bukittinggi). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover + abstrak)
TOLE- COVER. + abstrack docx.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
TOLE- skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Negara Indonesia adalah Negara hukum, penegasan sebagai negara hukum terdapat dalam Pasal 1 ayat (3) Undang-Undang Dasar 1945 perubahan ketiga. Konsekuensi sebagai Negara hukum adalah kehidupan bernegara harus berdasar hukum. Sesuai dengan konsep negara hukum, maka penyelenggara negara tersebut diatas dalam melaksanakan tugas dan fungsinya harus berdasarkan hukum. Faktor kepatuhan hukum masyarakat terhadap lalu lintas kurang sehingga terjadi pelanggaran lalu lintas oleh kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat bahkan menyebabkan kecelakaan dan sangatlah penting adanya peranan kepolisian dalam menangani masalah tersebut agar terjadinya kepatuhan dalam berlalu lintas.Untuk mengetahui apa peran kepolisian dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya dalam lalu lintas dan angkutan jalan terhadap kendaraan bermotor. Maka penulis tertarik mengkajinya dan menuangkannya dalam sebuah skripsi. Berdasarkan hal tersebut, penulis kemudian tertarik untuk melakukan penelitian tentang Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi penegakan hukum lalu lintas, Bagaimanakah peran polresta Bukittinggi dalam meningkatkan kesadaran hukum masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya. Upaya apa saja yang dilakukan oleh kepolisian. Penulisan skripsi ini menggunakan metode pendekatan empiris (yuridis sosiologis)yaitu merupakan metode pendekatan masalah yang dilakukan dengan mempelajari hukum positif dari suatu objek penelitian dan melihat penerapan prakteknya di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan mengumpulkan data primer yang diperoleh langsung dari narasumber, yaitu SATLANTAS POLRESTA Bukittinggi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa banyak sekali pelanggaran lalu lintas dilakukan oleh masyarakat. Peran polisi sangat penting dalam meningkatkan ketertiban dalam berlalu lintas di kota Bukittinggi agar terciptanya keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. A. Irzal Rias. SH., MH
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 25 Jan 2019 10:26
Last Modified: 25 Jan 2019 10:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42793

Actions (login required)

View Item View Item