PENGARUH PEMELIHARAAN ITIK KAMANG JANTAN MENGGUNAKAN KOLAM DAN TANPA KOLAM DENGAN BEBERAPA TINGKAT ENERGI RANSUM TERHADAP SUHU REKTAL DAN LAJU PERTUMBUHAN

muhammad, iqbal (2018) PENGARUH PEMELIHARAAN ITIK KAMANG JANTAN MENGGUNAKAN KOLAM DAN TANPA KOLAM DENGAN BEBERAPA TINGKAT ENERGI RANSUM TERHADAP SUHU REKTAL DAN LAJU PERTUMBUHAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1 COVER N ABSTAK.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (pendahuluan))
2. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (penutup))
3. BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img] Text (skripsi ful text)
5. skripsi utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui suhu rektal dan laju pertumbuhan itik Kamang jantan yang dipelihara menggunakan kolam dan tanpa kolam dengan beberapa tingkat energi ransum yang berbeda. Penelitian ini menggunakan 90 ekor itik Kamang jantan dan perlakuan dimulai umur 2 minggu sampai 12 minggu, setiap kandang terdiri dari 5 ekor itik Kamang jantan. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok pola split plot dengan petak utama terdiri dari kolam dan tanpa kolam, anak petak terdiri dari tingkat energi ransum E1 (2700), E2 (2900) dan E3 (3100) dengan 3 ulangan. Peubah yang diamati adalah suhu rektal,intake protein dan laju pertumbuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak adanya interaksi antara pemelihraan itik Kamang menggunakan kolam dan tanpa kolam dengan tingkat energi berbeda terhadap suhu rektal ,intake protein dan laju pertumbuhan. Rataan suhu rektal 41,1 – 41,41,7 , rataan nilai intake protein 1779,65 g/ekor dan rataan nilai laju pertumbuhan tertinggi terdapat pada pemeliharaan itik menggunakan tanpa kolam yaitu 0,3028. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemeliharaan itik Kamang bisa dilakukan menggunakan kolam dan tanpa kolam dengan tingkat energi ransum 2700 Kkal/kg , 2900 Kkal/kg dan 3100 Kkal/kg Kata Kunci : Itik Kamang, Kolam, intake protein, Laju Pertumbuhan , Tingkat Energi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Sabrina, MP
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 25 Jan 2019 10:31
Last Modified: 25 Jan 2019 10:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42693

Actions (login required)

View Item View Item