EVALUASI KINERJA MESIN KOMBINASI PENGIRIS DAN PEMARUT UBI KAYU (Manihot esculenza Crantz) DENGAN SUMBER PENGGERAK MOTOR LISTRIK

TAUFIK, HIDAYAT (2019) EVALUASI KINERJA MESIN KOMBINASI PENGIRIS DAN PEMARUT UBI KAYU (Manihot esculenza Crantz) DENGAN SUMBER PENGGERAK MOTOR LISTRIK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover + abstrak.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ubi kayu termasuk tanaman pangan yang sudah dibudidayakan secara tradisional di Indonesia dan sudah dikenal luas di masyarakat. Ubi kayu (Manihot esculenza Crantz) memiliki beberapa kegunaan, antara lain sebagai bahan pangan, bahan baku industri, dan pakan ternak. Ubi kayu sebagai bahan baku industri diolah dengan berbagai proses yaitu pengupasan, pencucian, pemarutan, pengirisan, penggorengan, dan pengemasan. Proses yang sangat penting dalam pengolahan ubi kayu adalah proses pengirisan dan pemarutan, karena apabila proses ini tidak berjalan dengan baik atau lambat maka akan mempengaruhi biaya produksi. Upaya untuk memperkecil biaya produksi adalah dengan evaluasi kinerja mesin kombinasi pengiris dan pemarut ubi kayu (Manihot esculenza Crantz) dengan sumber penggerak motor listrik, serta evaluasi kinerja dan ekonomi dari mesin yang dibuat. Metode dari penelitian ini adalah metode eksperimen dengan melakukan perancangan, pembuatan dan pengujian mesin, serta melakukan evaluasi kinerja dan ekonomi dari mesin tersebut. Hasil pengujian dari mesin yang telah dirancang adalah kapasitas kerja dipengaruhi oleh tingkat kekerasan ubi kayu. Hasil evaluasi kinerja mesin pengiris dan pemarut ubi kayu didapatkan rata-rata kapasitas pengiris sebesar 105,252 kg/jam, dan rata-rata kapasitas pemarut sebesar 21,143 kg/jam, dengan rata-rata rendemen pengiris sebesar 97,5 % dan pemarut 72,9 %, dengan rata-rata ketebalan hasil irisan sebesar 1,466 mm. Hasil analisis ekonomi didapatkan biaya pokok mesin pengiris dan pemarut ubi kayu sebesar Rp 548,882/kg dan titik impas akan tercapai pada saat alat bekerja selama 57 hari setiap tahunnya. Kata Kunci: Evaluasi Kerja, Motor Listrik, Pemarut, Pengiris, Ubi Kayu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Andasuryani, S.TP, M.Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian
Depositing User: s1 Teknik Pertanian
Date Deposited: 24 Jan 2019 14:53
Last Modified: 24 Jan 2019 14:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42619

Actions (login required)

View Item View Item