KONSISTENSI PELAKSANAAN KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM RANGKA MENDUKUNG PERLINDUNGAN LAHAN PERTANIAN PANGAN BERKELANJUTAN (STUDI KASUS KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG)

Qaulan, Karima (2018) KONSISTENSI PELAKSANAAN KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM RANGKA MENDUKUNG PERLINDUNGAN LAHAN PERTANIAN PANGAN BERKELANJUTAN (STUDI KASUS KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1) Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2) Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3) Bab 5 Kesimpulan dan Saran.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4) Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5) Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Peningkatan jumlah penduduk dan kegiatan ekonomi menambah kebutuhan akan lahan. Kondisi yang demikian menyebabkan terjadinya persaingan penggunaan lahan untuk pertanian dengan lahan non pertanian, sehingga mendorong direncanakannya suatu strategi dalam rangka pertanian berkelanjutan salah satunya melalui Kebijakan Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (UU No. 41/ 2009). Penelitian ini dimaksudkan untuk mencari informasi tentang program yang telah dilaksanakan oleh pemerintah Kota Padang serta menganalisis konsistensi pelaksanaan kebijakan yang ada di Kota Padang tersebut dengan yang terjadi di Kecamatan Kuranji. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui program apa saja yang telah dilaksanakan pemerintah serta metode analisis isi yang digunakan untuk mengetahui konsistensi pelaksanaan kebijakan perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan di Kecamatan Kuranji dengan memanfaatkan berbagai sumberdata berupa wawancara mendalam dengan instansi yang terkait dan dokumen-dokumen peraturan yang mendukung. Penelitian menunjukkan bahwa belum ada konsistensi pelaksanaan kebijakan perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan di Kota Padang khususnya Kecamatan Kuranji, karena belum juga adanya peraturan daerah yang ditetapkan oleh pemerintah Kota Padang melalui instansi terkait yang khusus mengatur perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan di Kota Padang. Selain itu, pelaksanaan dari amanat UU No. 41 Tahun 2009 yang telah dilakukan di Kota Padang khususnya Kecamatan Kuranji masih dalam tahap perencanaan, artinya belum ada secara khusus penerapan perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan yang memang diperuntukkan untuk petani. Kata kunci: Konsistensi, Kebijakan, Pertanian Berkelanjutan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Melinda Noer, M.Sc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 24 Jan 2019 15:49
Last Modified: 24 Jan 2019 15:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42522

Actions (login required)

View Item View Item