FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STIGMA MASYARAKAT TERHADAP ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA DIKELURAHAN PASA GADANG WILAYAH KERJA PUSKESMAS PEMANCUNGAN PADANG SELATAN TAHUN 2018

Rini, Safitri (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STIGMA MASYARAKAT TERHADAP ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA DIKELURAHAN PASA GADANG WILAYAH KERJA PUSKESMAS PEMANCUNGAN PADANG SELATAN TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Adalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover abstrak.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI RINI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Januari, 2019 Nama : Rini Safitri No. Bp : 1711316058 Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Stigma Masyarakat Terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa di Kelurahan Pasa Gadang Wilayah Kerja Puskesmas Pemancungan Kota Padang Tahun 2019 ABSTRAK Tingginya angka OGDJ yang mengalami kekambuhan setelah keluar dari Rumah Sakit akan semakin besar jika tidak ada dukungan baik dari pihak keluarga dan masyarakat. Salah satu masalah terbesar yang dihadapi oleh pasien dengan gangguan jiwa adalah terdapatnya stigma yang disebabkan rendahnya pendidikan kurangnya pengetahuan, sikap negatif serta budaya dilingkungan masyarakat. Stigma salah satu faktor penghambat dalam penyembuhan klien gangguan jiwa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor – faktor yang berhubungan dengan stigma masyarakat terhadap orang dengan gangguan jiwa. Desain penelitian Deskriptif Korelatif dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian ini semua masyarakat kelurahan Pasa Gadang yang berumur 20-60 tahun. Besar sampel 98 orang masyarakat RW 02 dan RW 06 kelurahan Pasa Gadang Kota Padang yang diambil dengan Cluster Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner MHKS, CAMII, MMHAS dan PDDS. Analisis data menggunakan uji Chi-Square (p<0,05) untuk mengetahui hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara pendidikan (p=0,016), pengetahuan (p=0,036), sikap (p=0,0001) dan budaya masyarakat (p=0,001) dengan stigma masyarakat terhadap orang dengan gangguan jiwa. Masyarakat memiliki stigma terhadap ODGJ karena mereka menganggap ODGJ berbahaya jika mengalami kekambuhan, gangguan jiwa tidak dapat disembuhkan, hanya memberi aib dan malu bagi keluarga. Penelitian ini disarankan kepada pihak puskesmas meningkatkan edukasi kepada keluarga dan masyarakat tentang pentingnya keterlibatan masyarakat baik dari sikap dan budaya masyarakat dalam proses penyembuhan penyakit gangguan jiwa. Kata kunci : Gangguan jiwa, Stigma, Pendidikan, Pengetahuan, Sikap, Budaya Masyarakat Daftar Pustaka : 62 (1963 – 2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Feri Fernandes, M.Kep, Sp.Kep.J
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 24 Jan 2019 10:03
Last Modified: 24 Jan 2019 10:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42516

Actions (login required)

View Item View Item