KAJIAN PELAPISAN EMULSI MINYAK SEREH (Oleum citronellae) TERHADAP MUTU DAN UMUR SIMPAN BUAH STROBERI (Fragaria chiloensis L. )

YULVI, RESTI (2019) KAJIAN PELAPISAN EMULSI MINYAK SEREH (Oleum citronellae) TERHADAP MUTU DAN UMUR SIMPAN BUAH STROBERI (Fragaria chiloensis L. ). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
bab 5.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi full upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Stroberi merupakan buah yang memiliki nilai jual yang tinggi dan banyak digemari, namun mudah mengalami kerusakan. Salah satu penyebab kerusakan buah stroberi adanya aktifitas mikroorganisme dan terjadinya pertumbuhan jamur. Pelapisan merupakan teknologi yang berfungsi mempertahankan mutu dan mengurangi kerusakan pada produk pertanian. Bahan pelapis yang aman dikonsumsi dan murah didapatkan yaitu minyak sereh yang bersifat antimikroba. Tujuan penelitian mengkaji pengaruh pelapisan dan mengetahui konsentrasi terbaik untuk mempertahankan mutu dan memperpanjang umur simpan buah stroberi. Manfaat dari penelitian ini adalah menambah wawasan dan memberikan informasi kepada masyarakat serta mengetahui pengaruh pemberian pelapisan minyak atsiri sereh terhadap mutu dan masa simpan buah stroberi. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode eksperimen menggunakan rancangan acak lengkap dengan 2 perlakuan yaitu suhu dan konsentrasi. Konsentrasi yang diberikan yaitu kontrol, konsentrasi 0,3%, konsentrasi 0,5% dan konsentrasi 0,7%, sedangkan perlakuan suhu yang digunakan yaitu suhu 25ºC dan suhu 10ºC. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan konsentrasi terbaik yaitu 0,7% dengan suhu penyimpanan 10ºC. Perlakuan konsentrasi emulsi minyak sereh dapat mempertahankan mutu buah stroberi selama 13 hari penyimpanan pada suhu 10ºC.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ifmalinda, S. TP, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: s1 Teknik Pertanian
Date Deposited: 24 Jan 2019 10:22
Last Modified: 24 Jan 2019 10:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42500

Actions (login required)

View Item View Item