PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK WARETHA (Bacillus amyloliquefaciens) TERHADAP KECERNAAN SERAT KASAR, RETENSI NITROGEN dan ENERGI METABOLIS PADA RANSUM AYAM BURAS PERIODE STARTER

Ichsan, Hadi Permana (2019) PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK WARETHA (Bacillus amyloliquefaciens) TERHADAP KECERNAAN SERAT KASAR, RETENSI NITROGEN dan ENERGI METABOLIS PADA RANSUM AYAM BURAS PERIODE STARTER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
01. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
02.BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
03.BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
05. Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian probiotik Waretha melalui air minum terhadap kecernaan serat kasar, retensi nitrogen dan energi metabolisme. Penelitian ini menggunakan 24 ekor ayam buras (20 untuk perlakuan dan 4 untuk N endogenus) umur 8 minggu dengan jenis kelamin unsexed yang ditempatkan dalam kandang metabolik berukuran 30 x 20 x 30 cm. Tiap kandang diisi 1 ekor ayam yang dilengkapi dengan tempat minum. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yaitu penggunaan probiotik Waretha dalam air minum, R0 (0 gram/liter), R1 (1 gram/liter), R2 (2 gram/liter) dan R3 (3 gram/liter). Peubah yang diamati ialah kecernaan serat kasar, retensi nitrogen dan energi metabolisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian probiotik Waretha antar perlakuan memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kecernaan serat kasar, retensi nitrogen dan energi metabolisme. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian probiotik Waretha memberikan hasil paling maksimal sampai dengan 3 gram/liter air minum ayam buras, dengan kecernaan serat kasar 40,53%, retensi nitrogen 78,91% dan Energi Metabolisme 3212,57 kkal/kg. Kata Kunci : Ayam Buras , Energi Metabolisme, Kecernaan Serat Kasar, Probiotik Waretha, Retensi Nitrogen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. ir. Wizna, MS.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 24 Jan 2019 11:57
Last Modified: 24 Jan 2019 11:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42491

Actions (login required)

View Item View Item