EVALUASI PENGARUH INTENSITAS KEBISINGAN TERHADAP KONSENTRASI SISWA

Ananda, Salbila (2019) EVALUASI PENGARUH INTENSITAS KEBISINGAN TERHADAP KONSENTRASI SISWA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir full text)
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan merupakan proses pembelajaran bagi peserta didik yang umumnya berupa aktivitas menyalurkan informasi dan ilmu pengetahuan dari pengajar ke pelajar yang terjadi di sekolah. Efektivitas kegiatan belajar mengajar dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sekitar (guru, teman sekelas, gedung sekolah). Daya pembelajaran siswa dapat meningkat jika lingkungan sekitar tenang. Kebisingan suatu kelas dapat mengganggu proses belajar mengajar karena siswa akan kesulitan memahami informasi dan sulit untuk berkonsentrasi dalam belajar. Penelitian mengenai kebisingan dilingkungan sekolah di Kota Padang telah dilakukan oleh beberapa peneliti yang menghasilkan bahwa intensitas kebisingan lingkungan sekolah di Kota Padang melewati batas normal. Berdasarkan penelitian tersebut, dilakukan pengukuran intensitas kebisingan untuk empat SMAN unggulan di Kota Padang yang menghasilkan intensitas kebisingan di SMAN 2 Padang paling tinggi dari tiga SMAN unggulan lainnya. perlu dilakukannya penelitian lanjutan apakah tingginya intensitas kebisingan dilingkungan SMAN 2 Padang tersebut mempengaruhi konsentrasi siswa, karena jika konsentrasi siswa terganggu akan mengurangi performa siswa tersebut baik prestasi siswa maupun nilai ujian siswa. Penelitian dilakukan melalui pengujian tes konsentrasi short term memory. Hasil jawaban tes sebagai variabel untuk pengolahan yang dilakukan melalui metode one way anova menggunakan Software SPSS 25 dan secara manual. Penelitian yang telah dilakukan menghasilkan bahwa intensitas kebisingan di SMAN 2 Padang mempengaruhi konsentrasi siswa. Konsentrasi siswa akan mulai terganggu pada saat intensitas kebisingan 60 dBA dilihat dari hasil jawaban benar tes konsentrasi. Rekomendasi perbaikan yang diberikan untuk mengurangi kebisingan berupa pemasangan peredam suara di dinding sekolah, pelatihan kesadaran dan sensitivitas kebisingan, serta pengendalian maintenance terhadap barang elektronik yang terdapat di dalan ruang kelas. Kata kunci :Intensitas Kebisingan, Konsentrasi, SMAN 2 Padang

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prima Fithri, M.T
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 24 Jan 2019 10:54
Last Modified: 24 Jan 2019 10:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42484

Actions (login required)

View Item View Item