ANALISIS PENDAPATAN USAHA TERNAK KAMBING RAKYAT ( Studi Kasus : Usaha Peternakan Kambing Pak Edi Di Kelurahan Seberang Padang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang )

try, saputra (2019) ANALISIS PENDAPATAN USAHA TERNAK KAMBING RAKYAT ( Studi Kasus : Usaha Peternakan Kambing Pak Edi Di Kelurahan Seberang Padang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang ). Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (pendahuluan)
BAB I pendahuluan.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (penutup)
BAB V penutup.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ANALISIS PENDAPATAN USAHA TERNAK KAMBING RAKYAT ( Studi Kasus : Usaha Peternakan Kambing Pak Edi Di Kelurahan Seberang Padang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang ) Tri Saputra di bawah bimbingan Dr. Nurhayati, S.Pt, MM dan Ida Indrayani, S.Pt, M.Si Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek teknis serta aspek ekonomi dari usaha ternak kambing kacang Pak Edi di Kelurahan Seberang Padang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang selama tahun 2017. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Desember 2017 sampai dengan Januari 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus (case study). Variabel yang diamati terdiri dari pemilihan bibit, pakan, tatalaksana pemeliharaan, kandang, pengendalian penyakit, biaya produksi, penerimaan, pendapatan, serta ratio R/C. Analisis data dengan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian aspek teknis pada usaha petenakan kambing kacang Pak Edi menunjukkan bahwa jenis kambing yang diternakan adalah kambing kacang. Tatalaksana pemeliharaan menggunakan sistem semi intensif dimana siang hari ternak dibiarkan merumput di padang penggembalaan dan sore hari ternak dikandangkan sehingga frekuensi pakan yang dikonsumsi ternak tidak diketahui oleh peternak. Model kandang yang digunakan yaitu kandang koloni dengan kontruksi kandang semi permanen. Pengendalian penyakit dengan cara membersihkan kandang sekali sehari dan pengobatan penyakit dengan pemberian obat tradisional. Dalam pemasaran pembeli atau toke langsung datang ke kandang. Aspek ekonomi pada usaha peternakan kambing kacang Pak Edi selama tahun 2017 dengan total penerimaan sebesar Rp 29.800.000 dengan total biaya produksi yang dikeluarkan sebesar Rp 12.910.500 sehingga memperoleh pendapatan Rp 16.889.500 atau pendapatan per bulan sebesar Rp 1.407.458. Perbandingan antara total penerimaan dengan total pengeluaran (R/C Ratio) sebesar 2,3. Hal ini menunjukan bahwa usaha ini layak untuk diteruskan. Kata kunci : aspek ekonomi, aspek teknis, dan tingkat keuntungan R/C Ratio

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Nurhayati, S.Pt, MM
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 24 Jan 2019 16:25
Last Modified: 24 Jan 2019 16:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42458

Actions (login required)

View Item View Item