PENGENDALIAN Etiella zinckenella Treit(Lepidoptera:Pyralidae) DENGAN Beauveriabassiana danCrotalaria mucronata PADA TANAMAN KACANG TANAH (Arachis hypogaeaL.)

RAHMAN, ABDUR (2019) PENGENDALIAN Etiella zinckenella Treit(Lepidoptera:Pyralidae) DENGAN Beauveriabassiana danCrotalaria mucronata PADA TANAMAN KACANG TANAH (Arachis hypogaeaL.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan .pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir (Full))
TA FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)

Abstract

Beauveria bassiana merupakan salah satu cendawan yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai agens hayati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan Beauveria bassiana dan Crotalaria mucronata terhadap penggerek polong (Etiella zinckenella Treit) pada tanaman kacang tanah (Arachis hypogaea L.). Penelitian ini telah dilaksanakan di Laboratorium Pengendalian Hayati Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Andalas di Kebun Percobaan BPTP, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar dari bulan Oktober 2017 sampai Maret 2018. Penelitian menggunakan metode Deskriptif dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang diaplikasikan yaitu A = Kontrol, B = Beauveria bassiana, C = Crotalaria mucronata, D = Beauveria bassiana dan Crotalaria mucronata. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa perlakuan B. bassiana dan C. mucronata pada minggu 14 MST mampu menekan jumlah populasi E. zinckenella pada tanaman kacang tanah serta jumlah propagul mengalami peningkatan dilapangan. Tetapi belum berpengaruh pada persentase tanaman kacang tanah terserang, persentase polong terserang dan berat biji segar dan sehat kacang tanah. Kata Kunci: Beauveria bassiana, Crotalaria mucronata, Etiella zinckenella dan kacang tanah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Nurbailis, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 24 Jan 2019 16:17
Last Modified: 24 Jan 2019 16:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42426

Actions (login required)

View Item View Item