EFEKTIVITAS PERATURAN MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 1 TAHUN 2016 TENTANG PROSEDUR MEDIASI DALAM PENYELESAIAN SENGKETA PERDATA DI PENGADILAN NEGERI KELAS II SOLOK

Hannum, Klaritha (2019) EFEKTIVITAS PERATURAN MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 1 TAHUN 2016 TENTANG PROSEDUR MEDIASI DALAM PENYELESAIAN SENGKETA PERDATA DI PENGADILAN NEGERI KELAS II SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR KEPUSTAKAAAN.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mahkamah Agung telah mengeluarkan Peraturan Mahakamah Agung (selanjutnya disebut dengan PERMA) No.1 Tahun 2016 Tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan. Perubahan PERMA mediasi ini merupakan perubahan ketiga. Sebelumnya, aturan proses mediasi diatur PERMA No.2 Tahun 2003 dan PERMA No.1 Tahun 2008. PERMA No.1 Tahun 2016 diterbitkan karena tingkat keberhasilan Perma No.1 Tahun 2008 belum sesuai harapan, dengan maksud untuk lebih mendayagunakan mediasi berdasarkan evaluasi di pengadilan. Oleh karena itu, pelaksanaan mediasi dengan hasil kesepakatan dan kegagalan yang dicapai serta faktor penyebabnya menjadi bahan pertimbangan utama untuk menilai tingkat efektifitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dan kefektivitasan dari PERMA mediasi ini dan hambatan atau kendala dalam pelaksanaan mediasi di Pengadilan Negeri Solok. Metode yang digunakan dalam pembahasan tersebut adalah metode penelitian yuridis empiris dengan mengkaji dan menganalisis data sekunder berupa bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, bahan hukum tersier. Teknik pengumpulan data berupa studi lapangan dengan melaksanakan wawancara dengan hakim pemeriksa perkara di Pengadilan Negeri Solok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas serta penerapan PERMA No.1 Tahun 2016 di Pengadilan Negeri Solok telah terlaksana dengan baik sebagaimana telah diatur dalam peraturan tersebut. Penerapan PERMA 2016 di Pengadilan Negeri Solok memang efektif tetapi pencapaian dengan perkara berhasil di mediasi itu tergantung kepada para pihak masing-masing. Keefektifan PERMA di Pengadilan Negeri Solok masih belum efektif hanya mencapai 6,5%. Hambatan Atau kendala dari peraturan mediasi tersebut yaitu dari para pihak dan tidak adanya dukungan advokat. Dalam hal proses mediasi penerapan itikad baik dalam PERMA No.1 Tahun 2016 mulai dikembangkan dan memiliki akibat bagi pelanggarnya. Iktikad baik yang ada di PERMA ini diharapkan dapat memperlancar suatu proses para pihak dalam menghasilkan kesepakatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hj. Ulfanora, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 24 Jan 2019 16:01
Last Modified: 24 Jan 2019 16:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42425

Actions (login required)

View Item View Item