PENJATUHAN PIDANA TERHADAP ANGGOTA KEPOLISIAN REPUBLIK INDONESIA YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN DI PENGADILAN NEGERI TANJUNG PATI KLAS II (Studi Kasus Putusan Nomor: 87/Pid.B/2015/PN.Tjp)

Nadzir Rahmat Muhammad, Al Amin (2019) PENJATUHAN PIDANA TERHADAP ANGGOTA KEPOLISIAN REPUBLIK INDONESIA YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN DI PENGADILAN NEGERI TANJUNG PATI KLAS II (Studi Kasus Putusan Nomor: 87/Pid.B/2015/PN.Tjp). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tugas pokok Kepolisian Negara Republik Indonesia yang dimuat pada ketentuan Pasal 13 Undang-Undang nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah pertama, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Kedua, menegakkan hukum. Ketiga, memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Pada temuan dilapangan kadang kala dalam melaksanakan tugas pokok kepolisian tersebut, anggota Kepolisian Republik Indonesia mengalami permasalahan. Rumusan masalah yang akan diteliti adalah Pertama, Bagaimana penjatuhan pidana terhadap anggota Kepolisian Republik Indonesia yang melakukan tindak pidana penganiayaan di Pengadilan Negeri Tanjung Pati Kelas II. Kedua, Apa dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap anggota Kepolisian Republik Indonesia yang melakukan tindak pidana penganiayaan di Pengadilan Negeri Tanjung Pati Kelas II. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif yaitu Menggambarkan Penjatuhan Pidana Terhadap Anggota Kepolisian Republik Indonesia Yang Melakukan Tindak Pidana Penganiayaan Di Pengadilan Negeri Tanjung Pati Kelas II. Pendekatan penelitian ini adalah yuridis empiris yaitu suatu penelitian yang menekankan pada ilmu hukum dan juga menelaah kaidah-kaidah sosial yang berlaku. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penjatuhan pidana terhadap anggota kepolisan yang penulis teliti di Pengadilan Negeri Tanjung Pati Klas II adalah melalui proses pemeriksaan di persidangan dengan prinsip asas persamaan di muka hukum. Sekalipun yang melakukan tindak pidana penganiayaan itu anggota kepolisian maka ia tidak akan luput dari ancaman sanksi pidana seperti halnya masyarakat umum yang melakukan tindak pidana penganiayaan. Adapun dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap anggota Kepolisian yang melakukan Tindak Pidana Penganiayaan mengandung unsur sebagai berikut: pertama, unsur barang siapa., kedua, unsur melakukan penganiayaan., ketiga, unsur mengakibatkan luka berat.akibat hukum yang didapati oleh anggota kepolisian republik indonesia dijatuhi hukuman pidana selama 1 tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yoserwan, S.H., M.H.,LLM
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 24 Jan 2019 15:52
Last Modified: 24 Jan 2019 15:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42417

Actions (login required)

View Item View Item