EKSPLORASI JAMUR - JAMUR YANG BERASOSIASI DENGAN PENYAKIT MATI MERANTING PADA TANAMAN KAKAO (Theobroma cacao L.) DI KOTA PADANG

Yulisyah, Rummah (2019) EKSPLORASI JAMUR - JAMUR YANG BERASOSIASI DENGAN PENYAKIT MATI MERANTING PADA TANAMAN KAKAO (Theobroma cacao L.) DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN upload.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir)
TUGAS AKHIR (FULL TEXT).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mati meranting merupakan salah satu penyakit penting pada tanaman kakao. Penyakit mati ranting menyerang pucuk dan ranting muda, menyebabkan daun gugur, ranting meranggas sehingga dapat mengganggu proses fotosintesis pada tanaman kakao. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan patogen-patogen penyebab mati meranting pada tanaman kakao di kota Padang. Lokasi tanaman sampel terdapat pada tiga daerah yaitu Kelurahan Sungai Sarik Kec. Kuranji; Keluruhan Lubuk Minturun, Kec. Koto Tangah; dan Kelurahan Teluk Kabung, Kec. Bungus. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengambilan sampel di lapangan dilakukan dalam bentuk survei lapangan dengan cara mengambil 10 % tanaman dari seluruh jumlah tanaman yang ada di lahan. Kriteria tanaman kakao yang dijadikan sampel adalah jumlah tanaman ≥ 50, berumur ≥ 3 tahun, dan menunjukkan gejala mati meranting. Dari hasil isolasi dan identifikasi jamur yang dilakukan, ditemukan empat jenis jamur yang berasosiasi dengan penyakit mati meranting yaitu Oncobasidium theobromae, Botryodiplodia theobromae, Fusarium decemcellulare dan Fusarium sp1. Setelah dilakukan uji patogenesitas, didapatkan hasil bahwa jamur-jamur yang berasosiasi dengan penyakit mati meranting di kota Padang bersifat jamur patogen. Kata kunci : eksplorasi, kakao, mati ranting, Oncobasidium theobromae, Botryodiplodia theobromae, Fusarium sp.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Nurbailis, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 24 Jan 2019 11:40
Last Modified: 24 Jan 2019 11:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42413

Actions (login required)

View Item View Item