Penerapan Analisis Cluster Ensemble Untuk Mengelompokkan Provinsi di Indonesia Berdasarkan Indikator Kesehatan Lingkungan

Yuliza, Diana Putri (2019) Penerapan Analisis Cluster Ensemble Untuk Mengelompokkan Provinsi di Indonesia Berdasarkan Indikator Kesehatan Lingkungan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan abstrak-converted.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1-converted.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
kesimpulan-converted.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
dapus-converted.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img] Text
keseluruhan-converted_2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)

Abstract

Kesehatan lingkungan merupakan bagian dari pada kesehatan masyarakat pada umumnya. Setiap daerah memiliki keadaan kesehatan lingkungan yang berbeda-beda jika dikaitkan dengan indikator kesehatan lingkungan tersebut. Oleh karena itu prioritas program penyehatan lingkungan pun berbeda pada setiap daerah. Suatu hal yang menarik untuk diketahui adalah bagaimana kesamaan/kemiripan dari masing-masing daerah tersebut berdasarkan indikator kesehatan lingkungan. Kemiripan tersebut selanjutnya dapat dijadikan dasar untuk melakukan pengelompokan daerah –daerah tersebut, sehingga daerah yang memiliki kondisi kesehatan lingkungan yang hampir sama akan berada pada satu kelompok dan sebaliknya, daerah-daerah dengan kondisi kesehatan lingkungan yang tidak sama akan berada pada kelompok yang berbeda. Dengan adanya pengelompokan tersebut akan mempermudah pemerintah untuk menentukan prioritas bagi pembangunan kesehatan lingkungan di daerah-daerah tersebut. Dalam penelitian ini metode cluster ensemble akan diterapkan untuk mengelompokkan provinsi di Indonesia berdasarkan 8 indikator kesehatan lingkungan. Penelitian ini menghasilkan solusi pengklasteran terbaik yaitu solusi dengan 2 cluster, dimana anggota dari cluster 1 merupakan provinsi dengan lingkungan sehat yang lebih baik dibandingkan anggota dari cluster 2. Anggota masing-masing solusi dengan 2 cluster adalah cluster 2 yaitu Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Lampung, Kalimantan Tengah, Sulawesi tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Papua, dan sisanya pada anggota cluster 1. Kata Kunci: cluster ensemble, analisis cluster hierarki, dan k-means cluster.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: IZZATI RAHMI HG, M.Si
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: s1 matematika matematika
Date Deposited: 24 Jan 2019 09:57
Last Modified: 24 Jan 2019 09:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42393

Actions (login required)

View Item View Item