AKTIVITAS KUNJUNGAN HEWAN MAMALIA PADA BEBERAPA JENIS POHON SUMBER MAKANAN UNGKO (Hylobates agilis F. Cuvier, 1821) DI HUTAN PENDIDIKAN DAN PENELITIAN BIOLOGI, UNIVERSITAS ANDALAS

VINALIA, WINDARI (2019) AKTIVITAS KUNJUNGAN HEWAN MAMALIA PADA BEBERAPA JENIS POHON SUMBER MAKANAN UNGKO (Hylobates agilis F. Cuvier, 1821) DI HUTAN PENDIDIKAN DAN PENELITIAN BIOLOGI, UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian mengenai aktivitas kunjungan hewan mamalia pada beberapa jenis pohon sumber makanan ungko (Hylobates agilis F. Cuvier, 1821) di Hutan Pendidikan dan Penelitian Biologi (HPPB), Universitas Andalas telah dilaksanakan pada bulan April sampai September 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi spesies hewan mamalia dan aktivitas yang dilakukannya di pohon tersebut. Data lapangan dikoleksi menggunakan tiga camera trap. Masing-masing camera trap dipasang pada pohon target yang berbeda yaitu Jambu lilin (Bellucia pentamera), Sesendok (Endospermum diadenum) dan Ara (Ficus variegata). Video hasil rekaman camera trap dianalisis dengan metode continuous sampling untuk mengetahui proporsi aktivitas masing-masing hewan pengunjung. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui spesies hewan mamalia yang mengunjungi pohon target adalah monyet ekor panjang (Macaca fascicularis), simpai (Presbytis melalophos), lutung (Trachypithecus cristatus), beruk (Macaca nemestrina), siamang (Symphalangus syndactylus), ungko (Hylobates agilis), dan bajing (Callosciurus sp.). Hewan pengunjung tersebut memperlihatkan beberapa aktivitas yaitu makan, istirahat, berpindah, interaksi sosial dan agresif. Simpai memiliki proporsi kunjungan dan aktivitas makan yang tinggi pada pohon target. Dengan demikian, simpai lebih berpotensi menjadi kompetitor bagi ungko dibandingkan dengan hewan pengunjung lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rizaldi
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 24 Jan 2019 10:08
Last Modified: 24 Jan 2019 10:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42368

Actions (login required)

View Item View Item