PENGARUH PEMBERIAN KOMPOS SERASAH KARET YANG DIDEKOMPOSISI OLEH Trichoderma sp TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KAKAO (Theobroma cacao L.)

Vivi, Yeni Afdianti (2019) PENGARUH PEMBERIAN KOMPOS SERASAH KARET YANG DIDEKOMPOSISI OLEH Trichoderma sp TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KAKAO (Theobroma cacao L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1. pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v. penutup)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
SKRIPSIL FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan di Kebun Percobaan Universitas Andalas Kampus III Dharmasraya. Penelitian dilakukan dari bulan Maret sampai Juli 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mempelajari pengaruh pemberian kompos serasah karet yang didekomposisi oleh Trichoderma sp terhadap pertumbuhan bibit kakao dan untuk mendapatkan dosis terbaik pada pemberian kompos serasah karet yang didekomposisi oleh Trichoderma sp terhadap pertumbuhan bibit kakao. Penelitian ini disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 3 ulangan. Data hasil pengamatan dianalisis secara statistik dengan sidik ragam apabila F hitung lebih besar dari F tabel 5% maka dilanjutkan dengan uji Duncan New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Penelitian ini merupakan percobaan lapangan dengan perlakuan kompos serasah karet adalah P0= 0 g kompos serasah karet/polibag, P1= 150 g kompos serasah karet/polibag, P2 =250 g kompos serasah karet/polibag P3= 500 g kompos serasah karet. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah daun, lingkar batang, bobot kering tanaman, bobot kering akar, dan rasio tajuk akar. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pemberian kompos serasah karet terhadap pertumbuhan bibit kakao (Theobroma cacao L.) memberikan pengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman, jumlah daun, lingkar batang, bobot kering tajuk tanaman dan bobot kering akar dengan dosis terbaik 500 g/polibag sedangkan pada rasio tajuk akar tidak memberikan pengaruh nyata terhadap bibit kakao. Kata kunci : kakao, kompos, serasah karet, Trichoderma sp, ultisol

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir Irfan Suliansyah, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 23 Jan 2019 14:23
Last Modified: 23 Jan 2019 14:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42271

Actions (login required)

View Item View Item