PEMBUATAN DAN ANALISIS C, N, P, K DAN pH KOMPOS YANG DIBUAT DARI LIMBAH KULIT PISANG JANTAN SECARA AEROB MENGGUNAKAN EM-4 DAN MOL KOTORAN SAPI SEBAGAI AKTIVATOR

Windy, Marisa (2019) PEMBUATAN DAN ANALISIS C, N, P, K DAN pH KOMPOS YANG DIBUAT DARI LIMBAH KULIT PISANG JANTAN SECARA AEROB MENGGUNAKAN EM-4 DAN MOL KOTORAN SAPI SEBAGAI AKTIVATOR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstract.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI WINDY MARISA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Limbah kulit pisang jantan merupakan salah satu jenis limbah organik yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar kompos. Pemakaian kompos berbahan dasar kulit pisang jantan sebagai pengganti pupuk anorganik bisa dimanfaatkan untuk menambah keuntungan pada tanaman, terutama dalam penambahan unsur hara makro tanaman. Pembuatan kompos dengan aktivator EM-4 sudah biasa dilakukan. Aktivator lain yang bisa ditambahkan dalam kompos yaitu MOL (Mikroorganisme Lokal). Salah satu jenis MOL yang bisa dipakai sebagai aktivator adalah MOL kotoran sapi. Pada penelitian ini bertujuan untuk membandingkan bagaimana hasil kompos dengan penggunaan aktivator EM-4 dan aktivator MOL. Pengomposan dilakukan melalui metode aerob selama 40 hari. Kandungan unsur hara pada masing-masing kompos tidak jauh berbeda. Kompos dengan aktivator EM-4 memberikan kandungan C-organik, N-total, P, dan K berturut-turut sebesar 1,7702% ; 0,4336% ; 0,7473% ; 26,9271% dan sebesar 1,6765% ; 0,4525% ; 0,8178% ; dan 23,8353% untuk kompos aktivator MOL. Sedangkan nilai pH kedua kompos berada pada rentang basa (10,19 untuk kompos aktivator EM-4 dan 10,26 untuk kompos aktivator MOL). Parameter yang dilihat dan diukur pada masing-masing kompos telah memenuhi syarat mutu SNI kecuali pada C-organik, rasio C:N, dan pH. Kata Kunci: Kompos, Kulit pisang jantan, MOL (Mikroorganisme Lokal), EM-4 (Effective Microorganism-4), unsur hara N, P, K, C-Organik, pH.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Refilda
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 23 Jan 2019 15:42
Last Modified: 23 Jan 2019 15:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42254

Actions (login required)

View Item View Item