Pengaruh Konsentrasi Crude Enzim Papain dari Daun Pepaya pada Pembuatan Hidrolisat Protein dari Limbah Kepala Ikan Teri Asin (Stolephorus Sp.)

Vitra, Hayati (2018) Pengaruh Konsentrasi Crude Enzim Papain dari Daun Pepaya pada Pembuatan Hidrolisat Protein dari Limbah Kepala Ikan Teri Asin (Stolephorus Sp.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I pendahuluan.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka pdf.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img] Text
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan konsentrasi crude enzim papain terhadap karakteristik hidrolisat protein dan mengetahui konsentrasi crude enzim yang tepat dalam pembuatan hidrolisat protein kepala ikan teri asin. Enzim yang digunakan adalah crude enzim yang berasal dari pepaya penang dengan aktvitas enzim sebesar 8,63 U/ml. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 5 perlakuan (Perbedaan konsentrasi crude enzim : 3%; 4%; 5%; 6%; dan 7% ) dengan 3 kali ulangan. Data dianalisis secara statistik dengan menggunakan ANOVA dan dilanjutkan dengan Duncan’s New Mulltiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Parameter yang diamati adalah rendemen, kadar abu, protein, lemak dan derajat hidrolisis. Konsentrasi crude enzim papain berpengaruh nyata terhadap rendemen, namun tidak berpengaruh nyata terhadap kadar protein, kadar abu, lemak dan derajat hidrolisis. Konsentrasi crude enzim yang tepat dalam menghidrolisis kepala ikan teri asin adalah crude enzim papain dengan konsentrasi 7% (b/v). Key words - ikan teri, enzim, hidrolisis, hidrolisat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Deivy Andhika Permata, S.Si, M.Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 23 Jan 2019 10:40
Last Modified: 23 Jan 2019 10:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42198

Actions (login required)

View Item View Item