Keberhasilan Program Income Generation Dalam Mengembangkan Program Kredit Mikro Pada Rumah Tangga Nelayan Miskin Studi Kasus di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Padang

Sesi, sesi (2019) Keberhasilan Program Income Generation Dalam Mengembangkan Program Kredit Mikro Pada Rumah Tangga Nelayan Miskin Studi Kasus di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Padang. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
abstrak ok.pdf - Published Version

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full text)
Tesis Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Keberhasilan Program Income Generation Dalam Mengembangkan Kredit Mikro Pada Rumah Tangga Nelayan Miskin Studi Kasus di Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah Padang Sesi, di bawah bimbingan Dr. Indraddin, M.Si dan Dr. Maihasni, M.Si Program Magister Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas Padang, 2019 ABSTRAK Nelayan yang berada di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kota Padang umumnya miskin. Berbagai upaya perbaikan keadaan perekonomian nelayan Kelurahan Pasie Nan Tigo telah dilakukan oleh baik Pemerintah maupun pihak swasta untuk mengurangi tingkat kemiskinan pada keluarga nelayan. Salah satu program adalah bantuan pinjaman modal pengembangan usaha yang diberikan pada masyarakat nelayan yang dilakukan oleh Yayasan Gugah Nurani Indonesia. Tercatat per 31 Oktober 2017 ada sebanyak 20 kelompok yang telah mendapatkan bantuan pinjaman modal pengembangan usaha tersebut. Namun pada proses pengembalian pinjaman tersebut, dari 20 kelompok yang menadapatkan bantuan pinjaman modal pengembangan usaha dari GNI tersebut, ada 8 kelompok yang membayar cicilan cicilan kredit mikro, dan ada 12 kelompok lainnya yang tidak membayar cicilan kredit mikro. Penelitian ini memberikan perhatian terhadap 20 kelompok tersebut menyampaikan faktor penyebab anggota kelompok membayar cicilan kredit mikro. Penelitian ini menggunakan teori Strukturasi yang dipelopori oleh Anthony Giddens yang memfokuskan pada konsep dualitas struktur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan dipilih melalui teknik purposive sampling dan dalam pengumpulan data digunakan wawancara mendalam (tidak berstruktur). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kesadaran anggota kelompok terhadap hutang adalah: a) sadar berhutang, b) butuh pinjaman, c) tidak membayar hutang masuk neraka. Sedangkan peraturan-peraturan orgnisasi dalam membayar cicilan kredit mikro adalah a) peraturan dalam mendapatkan pinjaman, b) peraturan dalam pengembalian pinjaman, c) upaya-upaya anggota kelompok dalam membayar cicilan. Keyword: Kemiskinan Nelayan, Pengentasan Kemiskinan, Kredit Mikro.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.Indraddin,M.Si
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: s2 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 24 Jan 2019 10:20
Last Modified: 24 Jan 2019 10:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42194

Actions (login required)

View Item View Item