PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG IKAN DENGAN METODE PENGOLAHAN DAN JENIS IKAN YANG BERBEDA TERHADAP PERFORMAN PRODUKSI DAN NILAI EKONOMIS TERNAK PUYUH

EDY, ESMA HENDRA (2018) PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG IKAN DENGAN METODE PENGOLAHAN DAN JENIS IKAN YANG BERBEDA TERHADAP PERFORMAN PRODUKSI DAN NILAI EKONOMIS TERNAK PUYUH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover & abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 (PENDAHULUAN)...pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 KESIMPULAN)
BAB 5 KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA...pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
full skripsitext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG IKAN DENGAN METODE PENGOLAHAN DAN JENIS IKAN YANG BERBEDA TERHADAP PERFORMAN PRODUKSI DAN NILAI EKONOMIS TERNAK PUYUH EDY ESMA HENDRA, dibawah bimbingan Prof. Dr. Ir. H. Khalil, M.Sc dan Ir. Andri, Ms Bagian Nutrisi Dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas, Kampus II Payakumbuh, 2018 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh metoda pengolahan dan jenis ikan yang berbeda terhadap performan produksi dan ekonomis ternak puyuh petelur. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial 2x3x3. Faktor A adalah 2 metoda pengolahan (jemur dan kukus). Faktor B adalah 3 jenis ikan limpahan: ikan Peperek/Maco (Leiognathus splendes), Ikan Sarden/Tembang (Sardinella fibriata), dan Ikan Tongkol/Ambu-ambu (Euthynnus affinis). Setiap perlakuan terdiri atas 3 ulangan. Sebagai perlakuan adalah ransum yang ditambahkan tepung ikan sebanyak 5% dari produk yang berbeda pengolahan dan jenis ikannya. Penelitian dilakukan selama 28 hari dan peubah yang diamati yaitu: konsumsi ransum, konversi ransum, produksi telur, penerimaan diluar biaya pakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengolahan tepung ikan yang diproduksi dengan cara penjemuran menunjukkan hasil yang lebih baik dari pada pengolahan tepung ikan yang diproduksi dengan cara pengukusan dari segi produksi telur. Perbedaan pengolahan dan jenis ikan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap performan produksi ternak puyuh. Namun secara ekonomis Income Over Feed Cost (IOFC) pengolahan tepung ikan yang diproduksi dengan cara penjemuran menunjukkan hasil yang lebih baik (3032,01 Rp/ekor) dari pada pengolahan tepung ikan yang diproduksi dengan cara pengukusan (2966,56 Rp/ekor). Kata kunci: tepung ikan, puyuh petelur, produksi telur, IOFC.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. H. Khalil, M.Sc
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 23 Jan 2019 10:38
Last Modified: 23 Jan 2019 10:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42143

Actions (login required)

View Item View Item