PRODUKSI, EFISIENSI PRODUKSI DAN KADAR LEMAK SUSU SAPI FRIESIAN HOLSTEIN (FH) DENGAN PEMBERIAN SUPLEMEN DAUN UBI JALAR (Ipomoea batatas)

Radhy, Andika Putra (2019) PRODUKSI, EFISIENSI PRODUKSI DAN KADAR LEMAK SUSU SAPI FRIESIAN HOLSTEIN (FH) DENGAN PEMBERIAN SUPLEMEN DAUN UBI JALAR (Ipomoea batatas). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2. BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
3. BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
5. Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PRODUKSI, EFISIENSI PRODUKSI DAN KADAR LEMAK SUSU SAPI FRIESIAN HOLSTEIN (FH) DENGAN PEMBERIAN SUPLEMEN DAUN UBI JALAR (Ipomoea Batatas) Radhy Andika Putra, dibawah bimbingan Dr. Ir.Hj. Elly Roza, MS dan Dr. Ir. H. Arief, MS Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2019 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produksi, efisiensi produksi dan kadar lemak susu sapi Friesian Holstein (FH) dengan pemberian suplemen daun ubi jalar (Ipomoea batatas). Ternak yang digunakan dalam penelitian ini adalah sapi perah (FH) laktasi kedua dan ketiga dengan bulan produksi kedua dan ketiga sebanyak 20 ekor dengan bobot badan sapi 400-450 kg. Penelitian ini menggunakan metode exprimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan 5 ulangan. Perlakuan yang diberikan yaitu daun ubi jalar (Ipomoea batatas) sebanyak 0 kg (A) , 2 kg (B) , 4 kg (C) , 6 kg (D). Peubah yang diamati adalah produksi, efisiensi produksi dan kadar lemak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian suplemen daun ubi jalar (Ipomoea batatas) memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap produksi susu, efisiensi produksi dan pada kadar lemak susu. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian daun ubi jalar (Ipomoea batatas) sebagai suplemen dapat meningkatkan produksi susu 7.36 Kg, efisiensi produksi 31.83 %, kadar lemak 3.20 % dan pemberian perlakuan sebanyak 6 kg daun ubi jalar masih memberikan hasil yang baik. Kata Kunci : Daun Ubi Jalar, Sapi FH, Produksi, Efisiensi produksi, dan Kadar lemak

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir.Hj. Elly Roza, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 23 Jan 2019 15:08
Last Modified: 23 Jan 2019 15:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42120

Actions (login required)

View Item View Item