Nadya, Yose Audila (2019) Peran Humas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Padang dalam Meningkatkan Citra Pelayanan Pasien. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Text (Cover dan Abstrak).pdf - Published Version Download (327kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
Text (BAB 1).pdf - Published Version Download (626kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 5)
Text (BAB 5).pdf - Published Version Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Text (daftar pustaka).pdf - Published Version Download (199kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
full text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK PERAN HUMAS BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN KOTA PADANG DALAM MENINGKATKAN CITRA PELAYANAN PASIEN Oleh : Nadya Yose Audila 1410861009 Pembimbing : Dr. Ernita Arif, M. Si Yesi Puspita, M. Si Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan merupakan program Jaminan Kesehatan Nasional pemerintah Indonesia. Melalui BPJS Kesehatan ini agar dipastikannya masyarakat Indonesia terlindungi oleh jaminan kesehatan yang komprehensif, adil dan merata. Untuk itu BPJS Kesehatan Kota Padang harus bisa meningkatkan citra pelayanan mereka melalui Humas untuk mendapatkan kepercayaan publik terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana peran Humas BPJS Kesehatan Kota Padang dalam meningkatkan citra pelayanan pasien dan apa saja hambatan yang ditemui. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model komunikasi dalam Humas James E. Grunig dan Todd Hunt yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui peran Humas dalam meningkatkan citra. Model ini dinilai relevan dalam mendeskripsikan peranan Humas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Humas BPJS Kesehatan Kota Padang menjalankan peranannya secara umum dengan baik. Namun, dalam meminimalisir penyebaran informasi yang tidak benar masih kurang maksimal sehingga mempengaruhi kepercayaan masyarakat dalam menggunakan jasa BPJS Kesehatan. Hubungan Humas BPJS Kesehatan Kota Padang dengan media dapat dikatakan baik, dan Humas BPJS Kesehatan yang memiliki media sendiri untuk melakukan penyebaran informasi kepada masyarakat. Bagian Humas BPJS Kesehatan Kota Padang harus lebih baik lagi dalam membangun kepercayaan masyarakat serta penyebaran informasi untuk meningkatkan citra BPJS Kesehatan kedepannya. Kata Kunci: Peran Humas, BPJS Kesehatan Kota Padang, Citra, Model Komunikasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Ernita Arif, M. Si |
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 23 Jan 2019 10:13 |
Last Modified: | 23 Jan 2019 10:13 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42108 |
Actions (login required)
View Item |