PENGARUH DOSIS PUPUK GUANO DAN BEBERAPA JENIS MULSA TERHADAP PERTUMBUHAN DANM HASIL TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.)

Adinda, Wahyuni (2019) PENGARUH DOSIS PUPUK GUANO DAN BEBERAPA JENIS MULSA TERHADAP PERTUMBUHAN DANM HASIL TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.). Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan absratk)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
bab 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5 kesimpulan dan saran)
bab 5 kesimpulan dan saran.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kentang adalah salah satu jenis komoditi hortikultura yang penting karena kaya akan karbohidrat dan dapat digunakan sebagai pengganti bahan makanan pokok. Di indonesia kentang sudah dijadikan bahan pangan alternatif terutama dalam pemenuhan gizi dan pangan masyarakat indonesia di samping beras. Penelitian ini telah dilakukan di Jorong Galagah, Kanagarian Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat dari bulan Maret sampai Juni 2018. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan interaksi terbaik antara pemberian pupuk guano dan penggunaan beberapa jenis mulsa terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kentang, mendapatkan pengaruh dosis pupuk guano terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kentang, mendapatkan jenis mulsa yang terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kentang. Rancangan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah pupuk guano (0, 3, 6 dan 9 ton/ha) dan faktor kedua adalah mulsa plastik hitam perak dan mulsa plastik hitam. Data dianalisis secara statistik dengan uji F pada taraf nyata 5%, apabila F hitung lebih besar dari F tabel maka dilanjutkan dengan Uji Duncan’s New Multiple Range Tes (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada pengaruh antara pemberian pupuk guano dan penggunaan beberapa jenis mulsa terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, dan diameter umbi terkecil. Dosis pupuk guano 9 ton/ha memberikan pengaruh terbaik terhadap jumlah umbi, jumlah cabang, dan diameter umbi terbesar. Jenis mulsa plastik hitam memberikan pengaruh terbaik terhadap jumlah umbi, diameter umbi terbesar, bobot umbi pertanaman, bobot umbi perpetak, dan bobot umbi per hektar. Kata kunci : kentang Cingkariang, pupuk guano, mulsa

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Warnita, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 23 Jan 2019 15:13
Last Modified: 23 Jan 2019 15:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42093

Actions (login required)

View Item View Item