IDENTIFIKASI PENCEMARAN LOGAM BERAT TEMBAGA (Cu), TIMBAL (Pb), KADMIUM (Cd) DAN KUALITAS AIR LAUT DI SEKITAR PELABUHAN TELUK BAYUR KOTA PADANG

Widya, Anggraini (2019) IDENTIFIKASI PENCEMARAN LOGAM BERAT TEMBAGA (Cu), TIMBAL (Pb), KADMIUM (Cd) DAN KUALITAS AIR LAUT DI SEKITAR PELABUHAN TELUK BAYUR KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai identifikasi pencemaran logam berat timbal (Pb), tembaga (Cu), kadmium (Cd) dan kualitas air laut di kawasan Pelabuhan Teluk Bayur Kota Padang. Pengujian pada penelitian ini adalah Ph, konduktivitas listrik, total dissolved solid (TDS) dan kandungan logam berat berupa logam Pb, Cu dan Cd. Beberapa alat yang digunakan adalah pH meter, conductivity meter, TDS meter dan Atomic Absorbtion Spectroscopy (AAS). Penelitian ini bertujuan untuk menentukan konsentrasi logam Pb, Cu dan Cd yang terkandung pada air laut di kawasan pelabuhan Teluk Bayur Kota Padang. Hasil penelitian yang didapatkan untuk nilau pH adalah antara 7,84-8,58, nilai rata-rata Konduktivitas listrik 177,46 µS/cm. Pengujian TDS didapatkan nilai rata-rata sebesar 5579 ppm dengan tingkat salinitas keasinan sedang. Dari pengujian logam berat menggunakan AAS diperoleh nilai konsentrasi rata-rata untuk Pb sebesar 0,224 mg/L, nilai konsentrasi logam Cd tertinggi sebesar 0,005 mg/L dan nilai konsentrasi logam Cu paling tinggi adalah 0,964 mg/L. Nilai konsentrasi logam berat pada penelitian ini telah melebihi batas ambang baku mutu Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 51 Tahun 2004. Nilai baku mutu untuk logam Pb sebesar 0,008 mg/L (Biota laut) dan 0,005 mg/L (Wisata bahari), logam Cd sebesar 0,001 mg/L (Biota laut) dan 0,002 mg/L (Wisata bahari) dan logam Cu sebesar 0,008 mg/L (Biota laut) 0,050 mg/L (Wisata bahari). Kata kunci: Pelabuhan Teluk Bayur, pH, konduktivitas listrik, TDS, Atomic Absorbtion Spectroscopy.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Dwi Puryanti
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 23 Jan 2019 12:01
Last Modified: 23 Jan 2019 12:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42089

Actions (login required)

View Item View Item