Pengaruh Sudut Datang Arah Angin Dominan Terhadap Dispersi Konsentrasi Gas CO dan Ozon di Area Sekitar Perumahan PT Semen Padang

Yudhi, Saputra (2019) Pengaruh Sudut Datang Arah Angin Dominan Terhadap Dispersi Konsentrasi Gas CO dan Ozon di Area Sekitar Perumahan PT Semen Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi text full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat konsentrasi gas CO dan Ozon di lokasi penelitian, membandingkan dengan baku mutu yang ditetapkan dan menganalisis hubungan konsentrasi gas CO dan Ozon terhadap sudut datang angin dominan di sumber emisi (PT Semen Padang). Sampling gas CO dan Ozon dilakukan di 3 titik pemantauan yaitu Komplek Unand Blok D, Jln. Padang Besi dan Jln. Batu Gadang dimana setiap lokasi mewakili sudut 00, 450 dan 900. Selain itu, pengukuran lokasi background di Bukit Sungkai, Batu Busuk. Sampling di 4 titik pemantauan menggunakan alat impinger dan dianalisis dengan menggunakan spektrofotometer. Hasil penelitian di ketiga lokasi pemantauan menunjukkan konsentrasi CO berkisar antara 124,50 – 276,52 µg/Nm3. Konsentrasi tertinggi berada di Komplek Unand Blok D sebesar 276,52 µg/Nm3 dengan α sebesar 0° dan konsentrasi terendah berada di Jl. Batu Gadang sebesar 124,50 µg/Nm3 dengan α sebesar 90°. Konsentrasi Ozon berkisar 34,98 – 39,28 µg/m3. Konsentrasi tertinggi berada di Komplek Blok D Unand sebesar 39,28 µg/m3 dengan α sebesar 0° dan konsentrasi terendah berada di Jln Batu Gadang sebesar 34,98 µg/m3 dengan α sebesar 90°. Konsentrasi gas CO dan Ozon pada keempat lokasi sampling tidak melewati baku mutu yang sudah ditetapkan. Penurunan konsentrasi CO paling signifikan dari α = 0° ke α = 90° sebesar 25,13% sedangkan penurunan konsentrasi Ozon paling signifikan dari α = 0° ke α = 90° sebesar 13,13%. Konsentrasi gas CO dan Ozon yang dihasilkan oleh PT Semen Padang tidak hanya dipengaruhi oleh arah angin dominan melainkan akibat faktor area sekitarnya. Kata kunci: arah angin, konsentrasi gas CO dan Ozon, PT Semen Padang, sudut datang angin dominan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: VERA SURTIA BACHTIAR, PhD
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 23 Jan 2019 12:25
Last Modified: 23 Jan 2019 12:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42038

Actions (login required)

View Item View Item