PERANAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN DALAM PEMBINAAN NARAPIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Padang)

Rafiq, Azian (2019) PERANAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN DALAM PEMBINAAN NARAPIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pasal 1 Ayat (3) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan mengatur bahwa Lembaga Pemasyarakatan yang selanjutnya disebut Lapas adalah tempat untuk melaksanakan pembinaan Narapidana dan Anak Didik Pemasyarakatan. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana peranan Lapas dalam pembinaan narapidana penyalahgunaan narkotika, apa saja kendala yang ditemui Lapas dalam melakukan pembinaan terhadap narapidana penyalahgunaan narkotika, dan bagaimanakah upaya Lapas untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis (empiris), kemudian dianalisis secara kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa peranan Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Padang dalam pembinaan narapidana penyalahgunaan narkotika adalah memberikan program pembinaan dan layanan rehabilitasi narkotika. Namun terdapat beberapa kendala, yaitu: faktor undang-undang, faktor penegak hukum, faktor sarana dan fasilitas, faktor masyarakat, dan faktor kebudayaan. Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Padang bereaksi dengan melakukan upaya-upaya, yaitu: evaluasi terhadap sumber daya manusia, program pembinaan, sarana dan prasarana Lapas, mengadakan kerjasama dengan pihak luar, dan perbaikan sistem birokrasi Lapas. Kata kunci: Peranan, Pembinaan, Lembaga Pemasyarakatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Hj. Aria Zurnetti, S.H., M.Hum
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 22 Jan 2019 14:25
Last Modified: 22 Jan 2019 14:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41855

Actions (login required)

View Item View Item