Fungsi Ijazah Bagi Alumni Paket C Studi terhadap Alumni Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Alang Babega di Nagari Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar

Widhy, Vania Malinda (2018) Fungsi Ijazah Bagi Alumni Paket C Studi terhadap Alumni Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Alang Babega di Nagari Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 4 Kesimpulan)
bab 4.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK WIDHY VANIA MALINDA. 1410812002. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas. Judul Skripsi Fungsi Ijazah Oleh Alumni Paket C PKBM Alang Babega Nagari Limo Kaum Kabupaten Tanah Datar. Pembimbing I Dra. Nini Anggraini M.Pd, Pembimbing II Aziwarti SH, M.Hum. Setiap orang memiliki hak mendapatkan pendidikan sebagaimana tercantum dalam pasal 28 C ayat 1 bahwa setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapatkan pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya. Pendidikan bisa didapatkan melalui tiga jalur yaitu melalui jalur pendidikan formal, pendidikan nonformal dan pendidikan informal. Jalur pendidikan formal yang ditempuh di sekolah-sekolah pada umumnya lebih banyak dipilih. Namun tidak semua orang bisa melalui pendidikan di jalur formal. Maka dari itu keberadaan pendidikan nonformal dibutuhkan sebagai alternatif untuk mereka yang tidak bisa menempuh pendidikan di jalur formal. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) merupakan salah satu bentuk dari pembelajaran nonformal yang menyelenggrakan program pendidikan paket A setara dengan SD, paket B setara dengan SMP dan paket C setara dengan SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan latar belakang peserta didik paket C PKBM Alang Babega dan fungsi ijazah bagi alumni pake C PKBM Alang Babega. Dalam melihat masalah ini peneliti menggunakan teori struktural fungsional oleh Robert K. Merton yang menitikberatkan pada konsekuensi-konsekuensi yang mengarahkan kepada konsep fungsi manifes dan fungsi laten. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitain kualitiatif dengan tipe deskriptif. Untuk mendapatkan mengumpulkan data dan informasi sesuai dengan tujuan penelitian dilakukan dengan wawancara dan observasi. Informan penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling (disengaja). Analisis data yang digunakan adalah analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan adanya faktor yang menyebabkan peserta didik memilih putus sekolah dan ikut program paket C diantaranya karena peraturan sekolah yang mengekang, biaya sekolah yang mahal, kesenjangan dan proses pendidikan serta nilai-nilai sosial dalam masyarakat yang membutuhkan ijazah. Sedangkan fungsi manifes ijazah bagi peserta didik paket C PKBM Alang Babega digunakan untuk mendapatkan pekerjaan, untuk mendaftar ke perguruan tinggi, naik jabatan dan mempertahankan jabatan. Sedangkan fungsi laten yang didapatkan dari ijazah paket C adalah sebagai legalitas status, menghin dari nikah muda dan mengisi waktu luang. Kata Kunci : Ijazah, pendidikanNonformal, Paket C, fungsi manifes, fungsi laten.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Nini Anggraini M.Pd
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 22 Jan 2019 15:15
Last Modified: 22 Jan 2019 15:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41813

Actions (login required)

View Item View Item