PENGAWASAN PEMERINTAH TERHADAP PEMBUKAAN LAHAN PERKEBUNAN OLEH MASYARAKAT UNTUK PENCEGAHAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI KABUPATEN DHARMASRAYA

Andri, Firdaus (2019) PENGAWASAN PEMERINTAH TERHADAP PEMBUKAAN LAHAN PERKEBUNAN OLEH MASYARAKAT UNTUK PENCEGAHAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI KABUPATEN DHARMASRAYA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAb IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pengawasan merupakan suatu upaya untuk melakukan pemantauan terhadap pembinaan yang telah diberikan serta untuk mencegah terjadinya pelanggaran sekaligus untuk menghentikan lebih dini adanya pelanggaran agar terhindar akibat yang buruk. Pembukaan lahan adalah kegiatan yang dilakukan dalam usaha tani yang didalamnya terdapat perencanaan tata dan tata letak kegiatannya meliputi pengukuran area, pembangunan infra struktur dan pembersihan lahan sampai lahan siap ditanami. Proses pembukaan lahan perkebunan oleh masyarakat untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan diatur dalam Pasal 4 Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 10 Tahun 2010 tentang Mekanisme Pencegahan Dan/Atau Kerukan Lingkungan Hidup. Namun sayangnya aturan tersebut aturan lainya tidak mengatur terkait izin kepada masyarakat, sehingga demikian terkesan memberikan peluang kepda masyarakat untuk melakukan pelanggaran dalam hal pembukaan lahan perkebunan oleh masyarakat dengan cara membakar. Berdasarkan hal tersebut, yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses pembukaan lahan perkebunan oleh masyarakat di Kabupaten Dharmasraya. 2) Bagaimana pengawasan Pemerintah terhadap pembukaan lahan perkebunan oleh masyrakat dalam pencegahan kebakaran lahan dan hutan di Kabupaten Dharamasraya. 3) Bagaimana peran serta masyarakat dalam pengawasan terhadap pembukaan lahan perkebunan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan. Dari hasil penelitian dilapangan masih ada masyarakat menyalahi aturan yang berlaku, hal ini dikarenakan aturan yang kurang tegas serta elemen-elemen pendukung dalam pengawasan yang kurang. Sehingga efektifitas pengawasan itu kurang, maka dari itu perlunya ditingkatkan kembali segala bentuk kekurangan yang ada tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Kurnia Warman, S.H., M.Hum
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 21 Jan 2019 16:42
Last Modified: 21 Jan 2019 16:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41784

Actions (login required)

View Item View Item