PEMBUATAN INSTALLASI UJI DAN PENGUJIAN PERFORMANSI POMPA SENTRIFUGAL SHIMIZU PS-116 BIT UNTUK OPERASI TUNGGAL, SERI DAN PARALEL MENGGUNAKAN BEBERAPA FLUIDA KERJA

Rahmad, Kurnia (2019) PEMBUATAN INSTALLASI UJI DAN PENGUJIAN PERFORMANSI POMPA SENTRIFUGAL SHIMIZU PS-116 BIT UNTUK OPERASI TUNGGAL, SERI DAN PARALEL MENGGUNAKAN BEBERAPA FLUIDA KERJA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstract Rahmad.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full text)
Tugas Akhir_Rahmad Kurnia_1410912062.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan pompa dalam masyarakat sangat banyak khususnya pompa sentrifugal, karena kebutuhan akan air yang selalu ada. Pompa dapat mengalirkan berbagai macam fluida akan tetapi fluida akan mempengaruhi perfomansi pompa tersebut. Untuk penggunaan pompa yang lebih dari satu selalu dirangkai secara seri dan paralel. Pada kali ini akan dilakukan pengujian performansi pompa sentrifugal menggunakan beberapa fluida kerja dan memvariasikan cara pemasangannya. Skema uji dibuat berdasarkan konsep bagaimana aliran fluida ketika pompa dalam keadaan seri, paralel dan tunggal. Fluida kerja digunakan air dan oli sisa. Performansi pompa yang meliputi head, debit dan effisiensi, dapat diukur menggunakan alat ukur tekanan dan volumetrik. Pompa sentrifugal lebih baik digunakan untuk memompakan air daripada oli sisa karena oli sisa meningkatkan kerugian gesek pada impeller dan menambah beban putaran pada motor. Untuk pemasangan pompa seri menghasilkan head yang lebih besar dan pemasangan pompa paralel menghasilkan debit yang lebih besar. Kata Kunci : Pompa sentrifugal, pengaruh fluida, performansi pompa, seri dan paralel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Adly Havendri, M.Sc
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 22 Jan 2019 12:25
Last Modified: 22 Jan 2019 12:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41740

Actions (login required)

View Item View Item