KELIMPAHAN POPULASI DAN TINGKAT SERANGAN KUTU TEMPURUNG (Coccus viridis) PADA TANAMAN KARET (Hevea brasiliensis Muell Arg.) DI PEMBIBITAN

Rahmad, Basid (2019) KELIMPAHAN POPULASI DAN TINGKAT SERANGAN KUTU TEMPURUNG (Coccus viridis) PADA TANAMAN KARET (Hevea brasiliensis Muell Arg.) DI PEMBIBITAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER 1.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1. pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v. penutup)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
basid upload full fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tanaman karet (Hevea brasiliensis Muell Arg.) merupakan salah satu tanaman perkebunan yang memiliki nilai ekonomi tinggi di Indonesia. Terbukti dengan meningkatnya luas areal perkebunan karet setiap tahunnya, namun produksi karet di Indonesia masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara Thailand dan Malaysia. Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya produksi karet di Indonesia salah satunya adalah serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT). Salah satunya yakni Kutu tempurung (Coccus viridis) yang merupakan hama dari golongan serangga (insecta) ordo Homoptera dan famili Coccidae. Penelitian ini bertujuan mempelajari kelimpahan dan tingkat serangan kutu tempurung pada karet. Penelitian dilaksanakan di Nagari Sungai Dareh dan Nagari Kurnia Selatan, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat pada bulan April - Juni 2018. Penelitian ini berbentuk survei yang terdiri dari tiga tahap. Pengambilan sampel dilakukan secara langsung (Hand Collecting) selanjutnya penghitungan sampel dilakukan di UPT. Laboratorium Dasar dan Sentral Universitas Andalas. Total jumlah kutu tempurung ditemukan sebanyak 99 ekor. Populasi kutu tempurung yang didapat selama penelitian yakni 27 individu pada Nagari Sungai Dareh dan 72 Individu Nagari Kurnia Selatan. Persentase kerusakan pada pembibitan karet Nagari Kurnia Selatan berkisar 2,44 % dan 6,44 % pada Nagari Sungai Dareh. Kutu tempurung banyak ditemukan menyerang tunas di bagian bawah daun terutama dekat areal pertulangan daun. Kutu tempurung hidup berasosiasi dengan semut pada areal pembibitan karet dan dapat membantu penyebaran hidup kutu tempurung dari serangan predator dari tanaman karet. Kata Kunci : Hama, Homoptera, Hand Collecting dan Predator.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Gustian, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 21 Jan 2019 12:43
Last Modified: 21 Jan 2019 12:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41727

Actions (login required)

View Item View Item