Pembangunan Aplikasi Sistem Informasi Pemetaan Surveilans Kasus Penyebaran Penyakit Berbasis web dan Mobile di Puskesmas Padang Luar

Elsha, Yuliani P. Z (2019) Pembangunan Aplikasi Sistem Informasi Pemetaan Surveilans Kasus Penyebaran Penyakit Berbasis web dan Mobile di Puskesmas Padang Luar. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak & Cover)
abstrak + cover.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
ELSHA YULIANI P. Z (1411522002).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Unit surveilans epidemiologi adalah unit kegiatan yang menganalisis secara sistematis dan terus menerus terhadap penyakit atau masalah- masalah kesehatan dan kondisi yang mempengaruhi terjadinya peningkatan dan penularan penyakit atau masalah-masalah kesehatan, agar dapat melakukan tindakan penanggulangan secara efektif dan efisien melalui proses pengumpulan data, pengolahan dan penyebaran informasi epidemiologi kepada penyelenggara program kesehatan. Meskipun sudah dibentuknya unit yang bertanggung jawab terhadap masalah penyebaran penyakit, tapi pendataan penyakit pasien masih dilakukan secara manual dengan cara melakukan pencatatan pada kertas. Oleh karena itu, perlu dikembangkan aplikasi sistem informasi pemetaan surveilans kasus penyebaran penyakit sebagai penunjang pengambilan keputusan bagi penyelenggara program kesehatan. Laporan tugas akhir ini melaporkan pembangunan aplikasi sistem informasi pemetaan surveilans kasus penyebaran penyakit berbasis web dan mobile di Puskesmas Padang Luar. Pembangunan aplikasi ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu pengumpulan data, pembangunan aplikasi dengan metode waterfall, dan pengujian sistem dengan metode blackbox. Aplikasi ini diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, B4A, dan Javascript. Basis data yang digunakan untuk menyimpan data adalah PostgreSQL dengan ekstensi PostGIS. Fungsi PostGIS yang digunakan adalah ST_Contains,ST_GeomFromText, ST_X, ST_Y, dan ST_Centroid. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melihat, mencari, dan mengetahui informasi peta pesebaran kasus penyakit yang tersebar di kecamatan banuhampu serta dapat membantu penyelenggara kesehatan menentukan lokasi penyebaran wabah penyakit. Pengujian sistem dilakukan dengan mengunakan metode blackbox testing yang dilakukan oleh lima orang penguji. Dari hasil pengujian dengan metode blackbox, aplikasi ini telah sesuai dengan fungsional sistem. Kata kunci: Surveilans, Program Kesehatan, Sistem Informasi Pemetaan, Web dan Mobile GIS, Kasus Penyebaran Penyakit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Surya Afnarius, Ph.D
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 21 Jan 2019 14:53
Last Modified: 21 Jan 2019 14:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41712

Actions (login required)

View Item View Item